Ayam Taliwang merupakan sajian kuliner khas lombok yang sangat digemari oleh para wisatawan. Rasa dan kelezatannya yang tak diragukan lagi mampu menyihir setiap penyantap untuk terus  mencobanya lagi. Jika berkunjung ke lombok maka tak ada pengunjung yang akan melewatkan mencoba ayam taliwang terkenal di Lombok.

Ayam Taliwang berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam yang disajikan berasal dari daging ayam kampung muda yang dibakar kemudian dibumbui dengan semacam saus yang bahannya antara lain cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam. Makanan ini biasanya disajikan bersama makanan khas lombok yang lain, misalnya Plecing Kangkung.

Di Balik Nama Ayam Taliwang Lombok

Olahan ayam taliwang pertama kali dibuat oleh orang Karang Taliwang yang bertugas sebagai juru masak di kerajaan Taliwang. Karang Taliwang adalah sebuah tempat yang ada di kecamatan Cakranegara, kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Paket Lengkap Dengan Lauk Ayam Taliwang, sumber ig ferryshc
Paket Lengkap Dengan Lauk Ayam Taliwang, sumber ig @ferryshc

Selain itu, pada awalnya nama ayam taliwang adalah ayam pelalah, yaitu ayam yang dibumbui dengan rempah-rempah, kemudian dibakar. Nah, rempah yang digunakan adalah rempah khas suku sasak yang senang dengan rasa pedas sehingga ayam pelalah identik dengan rasa pedas. Kemudian seiring berjalannya waktu, masyarakat menyebut masakan ini Ayam Taliwang dan membuatnya menjadi membahana di seluruh penjuru Lombok karena kenikmatannya.

Bumbu Rahasia Ayam Taliwang Lombok

Jika Anda ingin mengetahui rahasia dibalik kelezatan ayam taliwang lombok, maka Anda cukup datang ke Lombok. Karena pada dasarnya rempah yang digunakan adalah rempah khas Indonesia yang bisa Anda temukan dimanapun seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Namun yang membuatnya istimewa adalah terasi Lombok yang digunakan dan suasana pulau Lombok yang tak bisa Anda temukan di tempat lain. Hal ini membuat sensasi makan Ayam Taliwang di tempat lain terasa berbeda.

Tempat Makan Ayam Taliwang di Lombok

Di Lombok, tempat makan Ayam Taliwang bisa dibilang cukup banyak. Berikut rekomendasi Ayam Taliwang terenak yang ada di Lombok:

Ayam Taliwang, sumber ig warungtaliwanglombok
Ayam Taliwang, sumber ig @warungtaliwanglombok

1. Ayam Taliwang Irama

Berada di Jalan Ade Irma Suryani nomor 10 Karang Taliwang, Cakranegara, Mataram, Ayam Taliwang Irama siap untuk dicoba kenikmatannya. Di sini tak hanya ayam taliwang saja yang bisa dipesan, Anda juga bisa menyantapnya dengan sahabat nikmatnya yaitu plecing kangkung dan beberuk terong. Meski sedikit mahal, tapi ayam taliwang Irama menjadi salah satu yang populer di Lombok. Nah, liburan ke pulau ini, wajib mampir ke Ayam Taliwang Irama.

2. Ayam Taliwang Pak Udin

Ayam Taliwang pak Udin baru membuka warungnya di kala petang, yaitu sekitar jam 6 sore hingga larut malam. Hal yang khas dari warung satu ini adalah nuansa kedai kaki lima yang tetap digunakan. Iya, sebelum punya tempat di Jalan Gelatik Cakra seperti sekarang warung ayam Taliwang Pak Udin hanyalah kedai kaki lima sederhana di Jalan Pejanggik. Meski berkonsep sederhana tapi soal rasa, ayam Taliwang Pak Udin tak kalah dari warung lainnya.

3. Ayam Taliwang Kania

Ayam Taliwang Kania juga menjadi salah satu yang populer di Lombok. Kebersihan dan kenyamanan yang selalu terjaga adalah andalan dari warung yang berada di Jalan Panca Usaha, Cakranegara ini. Selain itu, citarasa yang dihasilkan juga merupakan buah dari sang pemilik yang berasal dari Kampung Taliwang, tempat si ayam berasal. Tak hanya ayam taliwang dan temannya yaitu si plecing kangkung dan beberuk terong, Anda juga bisa memesan menu lain seperti gurami bakar taliwang.

Sajian Ayam Taliwang Khas Lombok, sumber ig warungtaliwanglombok
Sajian Ayam Taliwang Khas Lombok, sumber ig @warungtaliwanglombok

4. Ayam Taliwang H Moerad

Tak pernah sepi. Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan warung ayam Taliwang yang berada di Desa Taliwang, Cakranegara ini. Menu yang menjadi favorit pembeli di warung ini adalah ayam taliwang bakar madu. Tapi bukan berarti menu lainnya tak bisa jadi pilihan. Anda bisa pilih menu-menu lainnya seperti ayam plecingan, ayam pedas manis, ayam sambal lima, ayam bakar kecap, dan menu ayam lainnya.

Demikian ulasan mengenai ayam taliwang, citarasa kuliner pedas khas lombok yang patut Anda coba. Bagi Anda yang berwisata ke Lombok jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi kuliner enak khas lombok yag satu ini ya. Semoga informasi ini bermanfaat.