Indonesia adalah negeri yang kaya dengan berbagai macam kuliner khas. Cita rasanya juga berbeda karena boleh dikatakan memiliki selera pedas yang lebih dibandingkan di cita rasanya makanan lainnya di seluruh dunia. Namun cara menghilangkan rasa pedas juga perlu diperhatikan, karena setinggi apapun selera pedasnya, memperhatikan kondisi tubuh lebih dianjurkan.

Lombok adalah salah satu daerah destinasi wisata di Indonesia dengan berbagai destinasi wisata indahnya. Bukan hanya tempat wisata, Lombok juga terkenal dengan berbagai ciri khas budaya termasuk makanannya. Makanan Lombok memiliki cita rasa pedas yang menantang.

Berkunjung ke Lombok bisa dikatakan tidak sah jika tidak mencicipi makan khasnya. Pasalnya, begitu banyak makanan khas lombok yang memiliki cita rasa yang tidak akan didapatkan di daerah wisata lainnya seperti Ayam Taliwang, Beberuk Terong, Plecing Kangkung, Sate Bulayak, Sate Rembiga, dan masih banyak lagi.

Cara Menghilangkan Rasa Pedas

Kata Lombok bisa juga dimaknai sebagai cabai. Entah ada hubungan atau tidak, tetapi memang cita rasa makanan Lombok banyak yang memiliki rasa pedas. Makanan Khas Lombok pada umumnya bercita rasa pedas, itu semua dikarenakan pada umumnya masyarakat Lombok gemar memasukkan cabai sebagai bahan dasar dari bumbu masakannya.

Untuk itu, kali ini tim dapursasak.com akan memberikan beberapa cara menghilangkan rasa pedas di mulut saat selesai menyantap masakan yang bercita rasa pedas. Simak berikut ulasanya.

1. Susu

Susu Kuda Liar Sumbawa, sumber pegipegi.com
Susu, sumber pegipegi.com

Cara menghilangkan rasa pedas di mulut pertama adalah dengan meminum susu. Dalam penelitian yang dilakukan oleh salah seorang peneliti di New Mexico State University Chile Pepper Institute menyatakan cara cepat untuk menghilangkan rasa kepedasan adalah meminum susu.

Dalam studinya, peneliti menemukan bahwa protein dalam susu bisa menggantikan senyawa kimia yang membuat cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi panas serta terbakar. Senyawa tersebut bernama Capsaicin.

Capsaicin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai yang membuatnya terasa pedas. Susu memiliki kandungan protein yang bisa menggantikan capsaicin di reseptor lidah. Sehingga, Meminum susu adalah cara tercepat untuk menghilangkan rasa kepedasan saat mengkonsumsi makan khas ada di Lombok.

2. Garam atau Gula

Garam dan Gula, sumber : www.hipwee.com
Garam dan Gula, sumber : www.hipwee.com

Garam dan Gula adalah bahan yang sangat mudah untuk didapatkan. Saat anda sedang kulineran pun bahan-bahan tersebut mudah untuk ditemukan karena termasuk ke dalam bahan dasar dalam pembuatan bumbu masakan.

Saat Anda merasa kepedasan anda bisa menggunakan Garam atau Gula untuk menghilangkan rasa pedasnya. Cara menggunakan garam adalah dengan mengoleskan garam di bawah lidah dan biarkan meleleh. Sementara gula, anda tinggal memasukan ke mulut dan mengemutnya sampai rasa pedasnya menghilang.

3. Minum Lemon atau Sari Asam

Lemon Water, sumber : jakarta post

Cara menghilangkan rasa pedas di mulut selanjutnya adalah dengan meminum minuman lemon atau sari asam. Keefektifan minuman air perasan lemon dalam meredakan rasa pedas di mulut bukanlah isapan jempol semata.

Hal tersebut juga sudah terbukti secara ilmiah. Rasa pedas dapat dinetralkan dengan makanan yang bersifat alkali seperti jeruk nipis atau lemon. Selain jeruk nipis dan lemon, bisa juga menggunakan tomat dan nanas.

4. Selai Kacang

Bagi anda yang tidak alergi terhadap selai kacang, bisa menggunakan selai kacang untuk menghilangkan rasa pedas di mulut saat mengkonsumsi kuliner bercita rasa pedas. Itu dikarenakan selai kacang mengandung lemak. Kandungan Lemak inilah yang bisa menjadi alat untuk mengurangi rasa pedas di lidah.

Selain Kacang dan Roti, sumber : Taste of Home
Selain Kacang dan Roti, sumber : Taste of Home

5. Roti

Sebelum menyantap makan khas lombok, bagai anda yang tidak terbiasa dengan makan pedas sebaiknya menyiapkan makanan atau minuman yang bisa mengurangi rasa pedas seperti Roti. Roti adalah salah satunya, dengan memakan roti bisa mengurangi rasa pedas itu dikarenakan roti bisa menyerap minyak dari senyawa capsaicin yang terdapat pada cabai.

6. Air Kelapa

Bukan cuma bermanfaat sebagai penghilang rasa haus, air kelapa juga bisa menghilangkan rasa pedas yang ada di mulut. Bisa dikatakan bila air kelapa ini adalah susu dalam versi lebih ringan dengan rasa manis yang sama. Bukan hanya mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang akibat beraktivitas, ternyata air kelapa juga bisa digunakan untuk meredakan rasa panas yang disebabkan oleh senyawa capsaicin yang terdapat pada cabai.

Ayam Taliwang, sumber ig warungtaliwanglombok
Ayam Taliwang, sumber ig @warungtaliwanglombok

7. Minyak Sayur

Senyawa Capsaicin yang terkandung dalam cabai bisa dihilangkan dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Sebagai contoh, cukup tuangkan minyak zaitun dalam sendok makan, masukan ke mulut, lalu berkumur. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Pedas pun hilang dalam sekejap.

Dari seluruh informasi tentang cara menghilangkan rasa pedas di atas, tetap saja perlu diperhatikan lebih dalam lagi. Sebab belum tentu setiap orang memiliki solusi yang sama. Lebih dari itu, jika tubuh Anda tidak mampu, sebaiknya hindarilah makanan pedas dan berminyak. Hidup sehat dengan makanan sehat akan lebih baik.

Makanan Khas Lombok Bercita Rasa Pedas

Berikut ini makanan tradisional yang bercita rasa pedas di Lombok :

1. Ayam Taliwang

Ayam taliwang merupakan olahan ayam kampung yang diungkep dengan berbagai bumbu rempah. Kemudian di bakar dengan bumbu cabai asap sehingga citarasa yang dihasilkan menjadi khas. Dengan proses seperti itu maka bumbu pedas yang dipakai akan meresap ke dalam daging ayam panggang.

Rumah Makan di Lombok Ayam Rarang
Ayam Rarang. src: pesona.travel

2. Ayam Rarang

Kuliner dari ayam kampung muda ini berbeda dengan ayam taliwang. Kuliner khas dari suku sasak ini mengharuskan ayam di bakar di atas tungku dengan kayu bakar. Setelah itu ayam dipotong dan di guyur bumbu pedas merah menyala dan berminyak. Bumbu yang ekstra pedas inilah yang menjadikan khas Ayam Rarang. Dijamin setelah menikmati olahan tradisional ini, keringat anda akan mengucur deras.

Itu dia berbagai informasi tentang bagaimana tetap sehat saat menyantap kuliner pedas dan makanan tradisional yang paling pedas di Lombok. Simak berbagai informasi lainnya di halaman rumah makan di Lombok.