Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang dewasa ini banyak digandrungi oleh para wisatawan termasuk wisatawan dari luar negeri. Tidak heran, karena di sana Anda bisa mengunjungi wisata gili yang menyimpan keindahan alam yang mempesona, juga Anda bisa snorkling atau diving di laut dengan hamparan air yang jernih.

Selain itu, Anda juga bisa menjelajah air terjun dari utara sampai tengah. Bagi Anda yang suka mendaki, tentu Gunung Rinjani sudah menanti Anda. Bagi Anda yang lebih suka wisata kuliner, ada banyak pilihan. Seperti bebalung iga sapi asli Lombok yang terdapat di warung makan kota Mataram hingga pelosok-pelosok desanya. Bagi yang suka budaya pun ada beberapa desa wisata pilihan yang layak Anda kunjungi.

Agar perjalanan Anda lebih berkesan, jangan lupa ketika pulang membawa buah tangan atau oleh-oleh. Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Lombok yang bisa Anda beli. Salah satu oleh-oleh khas Lombok yang patut Anda bawa pulang yaitu Dodol Rumput Laut. 

Dodol Khas Lombok
Rumput laut bisa dijadikan makanan khas. Sumber unsplash

Dodol Khas Lombok Yang Unik

Bagi Anda yang belum mengenalnya, berikut uraian lengkap mengenai informasi menarik Dodol khas Lombok yang perlu Anda ketahui.

Dodol Dengan Bahan Rumput Laut

Dari namanya saja, tentu Anda sudah bisa menebak dodol tersebut terbuat dari bahan apa. Ya, Dodol Rumput Laut ini terbuat dari bahan rumput laut. Lombok, khususnya di Teluk Ekas dan Serewe, Lombok Timur, merupakan salah satu sentra utama pembudidayaan rumput laut di Indonesia.

Selain menangkap ikan di laut, mereka juga mengandalkan rumput laut sebagai mata pencaharian. Selain perawatannya mudah dan murah (tidak perlu dipupuk) karena cukup mengandalkan kondisi perairan pantai, para petani juga bisa memanen rumput laut mereka dalam waktu relatif cepat, yakni sekitar 45 hari.

Jadi, Anda tentu tahu kenapa oleh-oleh berbahan dasar rumput laut ini sangat direkomendasikan, karena bahannya dari para petani lokal. Anda juga secara tidak langsung turut membantu keberlangsungan kehidupan mereka.

Tekstur Dodol Yang Kenyal Dan Tidak Lengket (Seperti Jelly)

Rata-rata dodol memang teksturnya kenyal. Namun, Dodol Rumput Laut khas Lombok ini punya keistimewaan lain, yakni teksturnya yang lembut menyerupai jelly dan tidak lengket. 

Dari segi tampilan pun memikat. Tidak butek, beraneka warna, sekaligus bening. Anak kecil pasti suka. Mereka bisa main-main dan berfantasi dengan ragamnya warna dari Dodol Rumput Laut ini.

Rasa Dodol Yang Bervariasi

Kalau rumput asli kan rasanya asin, karena memang habitatnya di air laut. Namun, rumput laut yang telah diolah menjadi dodol ini memiliki aneka rasa, antara lain: rasa pisang, durian, melon, semangka, jagung, mangga, wortel, nanas, jahe, bahkan jinten.

Dari pengalaman orang yang menjadikan buah tangan atau oleh-oleh dodol rumput laut ini, dodol jinten yang dianggap paling aneh rasanya. Bagaimana tidak? Rasanya segar, pedas, dengan butiran jinten di dalam dodolnya tentu patut Anda coba.

Kemasan Dodol Yang Praktis

Kalau tidak praktis, bukan oleh-oleh namanya. Begitu juga Dodol Rumput Laut Lombok ini. Ada beberapa tipe kemasan yang bisa Anda pilih, antara lain: kemasan mika, keranjang, toples, box (180 gram), kantong besar (berat 868 gram).

Ada juga paket parsel, yang berisi camilan selain Dodol Rumput Laut. Pilihannya beragam, tergantung Anda mau bawakan oleh-oleh ini untuk siapa.

Dodol Dengan Harga Bersahabat

Siapapun pasti mempertimbangkan harga sebelum membeli sebuah produk oleh-oleh. Apalagi para wisatawan yang memang tujuan utamanya adalah jalan-jalan. Nah, rumput dodol laut Lombok ini, bagaimana?

Anda tidak perlu pusing. Dengan cukup menyisihkan receh 20 ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan satu kotak dodol rumput laut (180 gram) untuk satu rasa tertentu. Sedangkan untuk ukuran kantong besar (868 gram), Anda bisa menebusnya dengan uang sekitar 85 ribu. Relatif terjangkau, bukan?

Dodol Yang Cocok Untuk Keluarga Dan Teman-teman

Jika Anda masih menimbang-nimbang, dodol rumput laut ini cocok apa tidak dibawa sebagai oleh-oleh, Anda mungkin bisa mempertimbangkan aspek ini: higienisitas dan kesehatan. Anda tidak perlu khawatir. 

Dodol yang satu ini bisa jadi pilihan bijak buat Anda yang ingin membawakan oleh-oleh berupa camilan sehat yang tentunya higienis karena diolah sesuai standar keamanan pangan. Dodol ini dibuat dari tepung laut berkualitas yang dikeringkan dengan oven.

Dodol ini juga sehat karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Meskipun masih pakai essence, belum memakai sari buah asli dalam produksinya, namun masih dalam standar aman konsumsi.

Dodol Khas Lombok
Proses pembuatan dodol tradisional. Sumber IG @johan.alwi.5

Kehalalannya juga sudah terjamin. Apalagi Lombok memang sedang digadang-gadang menjadi destinasi wisata halal. Jadi, urusan kuliner yang ada pada rumah makan di lombok selalu dalam kadar aman dan halal untuk dikonsumsi. 

Demikian ulasan mengenai Dodol Rumput Laut yang menjadi oleh-oleh khas Lombok. Tentu dodol yang satu ini bisa Anda jadikan pelengkap wisata Anda ke Lombok. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.