Kalau Anda sedang melancong ke Lombok, kuliner satu ini jangan sampai terlewatkan. Kuliner tersebut yaitu Ikan Bakar Pantai Nipah. Pantai Nipah sendiri merupakan nama pantai yang menjadi salah satu destinasi unggulan di Lombok.

Pulau Lombok sangat terkenal akan keindahan objek wisatanya yang berupa lautan, pantai, perbukitan, dan gunung. Sungguh sebuah pulau kecil yang sangat indah dan menarik hati untuk dikunjungi. Sebagai pulau yang mengandalkan wisata baharinya, tentu kuliner makanan lautnya pun  tak bisa disepelekan.

Pantai Nipah terletak di Pamenang, Kabupaten Lombok Utara. Pantai cantik ini tak jauh juga dari Kepulauan Gili yang sangat terkenal sebagai destinasi wisata dunia. Di Pantai Nipah, Anda tak hanya disuguhi pasir putih dan pemandangan yang indah, tapi juga di sana terdapat perahu-perahu nelayan yang menghiasi pantai.

Ikan Bakar Khas Pantai Nipah

Ikan bakar khas Pantai Nipah tak hanya di pantai yang masih sederet dengan Pantai Senggigi ini. Ikan bakar Pantai Nipah dapat ditemukan di sepanjang jalan dari perbukitan Malimbu yang juga di pinggir pantai hingga ke Pantai Nipah. Jalurnya melingkar setengah teluk.

Ikan bakar Pantai Nipah sangat terkenal di kalangan food traveller. Selain populer dengan rasanya yang enak, juga suguhan pemandangan yang indah dan sajian ikan laut yang segar.

Ikan yang dijual sebagai menu ikan bakar yaitu langsung dari nelayan di desa setempat, yaitu Desa Nipah. Harganya juga dikenal tidak terlalu mahal dengan sajian beberapa makanan khas Lombok lainnya.

Ikan Bakar khas Nipah, sumber ig isabellalauly
Ikan Bakar khas Nipah, sumber ig @isabellalauly

Desa Nipah : Desa Nelayan di Lombok

Pulau Lombok merupakan pulau yang dikelilingi oleh lautan, sehingga salah satu mata pencaharian utama adalah nelayan. Setiap selesai melaut, tentunya nelayan akan membawa hasil tangkapan ikan yang sangat segar yang akan dijual kepada pengempul ikan, bahkan enak sekali untuk dikonsumsi langsung.

Salah satu desa nelayan terkenal dan terbesar di Lombok adalah Desa Nipah yang terletak di Kabupaten Lombok Utara. Bentuk karakteristik dari pantai ini adalah melengkung dan memanjang, serta memiliki ombak yang tidak besar.

Lokasi ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sajian kuliner ikan bakar yang lezat, dengan suguhan pemandangan pantai yang indah dan tidak ramai. Berjarak sekitar 45 menit dari Kota Mataram, lokasi ini sangat mudah untuk ditemukan karena terletak di pinggir jalan.

Setibanya di Desa Nipah, Anda akan dengan mudah menjumpai warung yang ada di sekitar lokasi yang terdapat di pinggir jalan maupun di dekat pantai. Banyak sekali pilihan warung dan semuanya menjual ikan segar hasil tangkapan dari nelayan lokal.

Beragam Jenis Menu Kuliner Khas Pantai Nipah

Ikan yang ditawarkan terdiri dari banyak macam jenis yaitu baronang, kerapu, dan lainnya. Terdapat pula cumi, plecing kangkung, sambal terong dan lainnya yang tentunya akan menambah selera Anda menikamati ikan bakar khas Pantai Nipah. 

Kuliner Khas Pantai Nipah, sumber ig berl_memealsa
Kuliner Khas Pantai Nipah, sumber ig @berl_memealsa

Untuk harga yang ditawarkan tidaklah mahal. Anda dapat melihat proses pembakaran ikan yang masih menggunakan arang dan sabut kelapa. Aroma pada saat pembakaran sangatlah terasa dan apabila Anda lapar maka Anda akan semakin tergoda oleh aromanya yang lezat. Sambil menunggu, tidak ada salahnya untuk memesan kelapa muda yang masih segar.

Setelah selesai makan, Anda dapat menghabiskan waktu siang sampai dengan sore hari di pantai ini. Pantainya sangat indah, bersih, dan bagus untuk berwisata bersama keluarga. Anda dan keluarga dapat berenang di pantai ini karena ombaknya yang tenang dan aman dari batu karang.

Jika di sore hari cuaca cerah, Anda tentu dapat menikmati keindahan matahari terbenam (sunset) yang indah di lokasi ini. Sebuah wisata kuliner dan pantai yang sangat indah di Pulau Lombok, yang tentunya sayang untuk dilewatkan apabila Anda mengunjungi Pulau Seribu Masjid ini. 

Demikianlah ulasan mengenai ikan bakar Pantai Nipah yang sayang untuk Anda lewatkan. Menikmati pantai di Lombok Utara tentu akan terasa lengkap dengan menyantap ikan bakar enak satu ini. Jika Anda melancong ke Pulau Lombok, kuliner khas ini juga wajib masuk dalam daftar wisata kuliner Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.