Beriwisata ke Pulau Lombok akan terasa kurang lengkap jika tidak mencicipi beberapa jajanan khas Lombok berikut ini. Apalagi tidak membawa pulang salah satunya sebagai oleh – oleh untuk keluarga di Rumah. Banyak jajanan khas Lombok yang bisa Anda temui di pusat oleh – oleh di Pulau Lombok dari harga Rp. 10.000 s.d Rp. 100.000 perbungkus dengan rasa dan varian yang berbeda. Berikut ini beberapa jajanan khas Lombok yang Kami rekomendasikan untuk Anda coba dan bawa pulang.

1. Dodol Rumput Laut

Jajanan Khas Lombok - Dodol Rumput Laut
Dodol Rumput Laut

Jajanan Khas Lombok yang pertama adalah dodol. Dodol banyak ditemukan di Garut atau Betawi dan beberapa kota lain di Indonesia. Bahan utama membuat dodol adalah santan kelapa, tepung ketangula pasirgula merah, dan garam. Dodol khas Lombok berbahan dasar tepung rumput laut. Selain itu, memiliki tekstur yang kenyal, unik, manis, dan enak. Dodol rumput laut memiliki banyak varian rasa yakni rasa buah dan sayur, dengan berbagai warna sesuai dengan rasa dari dodol tersebut. Warna merah rasa strawberry, warna hijau rasa kacang hijau, dan lain sebagainya.

Dodol rumput laut, tidak hanya enak dikonsumsi tetapi memberikan manfaat seperti anti bakteri, mengurangi berat badan, dan menghilangkan racun di dalam tubuh. Sesuai dengan namanya, dodol rumput laut terbuat dari bahan dasar tepung rumput laut yang dicampur dengan sayuran dan buah yang segar. Rasa manisnya lebih alami, tidak mengandung gula terlalu banyak. Bagi penderita diabetes, aman untuk mengkonsumsinya. Dibungkus dengan toples mika, keranjang bambu, atau kotak kertas. Harganya mulai Rp 10.000 s.d Rp 15.000 perbungkus.

2. Keripik Ceker

Jajanan Khas Lombok - Keripik Ceker
Keripik Ceker

Jajanan khas Lombok kedua adalah keripik ceker. Sebenarnya keripik ceker mudah ditemukan di kota lainnya di Indonesia. Hampir di setiap tempat pusat oleh – oleh pasti ada yang menjualnya. Keripik ceker terbuat dari bahan ceker ayam yang diambil bagian kulit luarnya kemudian di goreng, memiliki rasa gurih dan renyah. Sangat enak di makan sebagai lauk dengan bakso, mie ayam, soto, atau makanan lainnya. Di Lombok jajanan yang satu ini sangat popular dan banyak wisatawan yang memburunya, karena memiliki rasa yang enak dibandingkan keripik ceker lainnya.

Harga keripik ceker mulai Rp 60.000 perpbungkus untuk kemasan besar dan harga mulai Rp 30.000 perpbungkus untuk kemasan kecil. Keripik ceker khas Lombok memiliki tekstur gurih empuk, sehingga orang lanjut usia yang aga’ sulit makan makanan yang keras masih kuat mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan keripik ceker khas lombok cukup mudah, karena banyak toko oleh – oleh di Lombok yang menjualnya.

3. Keripik Rumput Laut

Jajanan Khas Lombok - Kripik Rumput Laut Original
Kripik Rumput Laut

Jajanan khas Lombok ketiga adalah keripik rumput laut. Selain diolah menjadi dodol, rumput laut juga diolah menjadi keripik. Sesuai namanya, keripik rumput laut terbuat dari rumput laut yang dikeringkan kemudian di goreng. Ditambah variasi rasa seperti rasa jagung manis, keju, original, barbeque, dan masih banyak lagi. Membuat rasa rumput lautnya semakin gurih dan enak sehingga wajar jika banyak wisatawan yang mencari keripik laut sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah.

Konsumsi keripik rumput laut tidak membahayakan karena kandungan gula dan kolesterolnya rendah. Harga keripik rumput laut mulai Rp 30.000 perbungkus dengan berbagai varian rasa. Kekhasan rumput laut masih terasa, sekali makan pasti akan ketagihan terus menerus. Ada dua jenis keripik rumput laut yang dibuat yakni keripik rumput laut yang terbuat dari rumput laut kemudian di goreng dan ada yang terbuat dari tepung rumput laut kemudian diolah menjadi keripik.

4. Stik Kangkung

Stik-Kangkung-Lombok
Stik Kangkung

Jajanan khas Lombok keempat adalah stik kangkung. Jajanan berbentuk stik yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu sudah banyak sekali ditemukan di kota lain di Indonesia. Di Lombok wisatawan akan menemukan stik yang terbuat dari bahan dasar kangkung. Stik kangkung terbuat dari kangkung yang dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan tepung terigu dan bahan lainnya. 

Stik kangkung dijual mulai harga Rp 30.000 perbungkus. Stik kangkung memiliki varian rasa, tidak hanya rasa original saja. Banyak toko oleh – oleh khas Lombok yang menjual jajanan yang satu ini. Sekali makan akan membuat Anda ketagihan terus menerus. Bila Anda berlibur ke pulau Lombok, wajib mencicipi atau membawa pulang jajanan yang satu ini.

5. Stik Rumput Laut

Jajanan Khas Lombok Stik Rumput Laut
Stik Rumput Laut

Jajanan khas Lombok kelima adalah stik rumput laut. Selain diolah menjadi dodol dan keripik, rumput laut juga diolah menjadi stik. Stik rumput laut memiliki rasa yang berbeda dengan stik pada umumnya serta bebas kolesterol dan gula tinggi. Jajanan yang satu ini terbuat dari tepung rumput laut yang dicampur dengan telur kemudian di goreng.

Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 15.000 perbungkus. Jajanan yang satu ini bisa di makan langsung dan lebih enaknya lagi dijadikan lauk untuk makanan lain. Keripik rumput laut banyak ditemukan di toko oleh – oleh di Lombok atau pasar tradisional.

Baca Juga : Jajanan Khas Lombok untuk Buka Puasa

6. Kacang Mete Lombok

Jajanan Khas Lombok Kacang Mete
Kacang Mete

Jajanan khas Lombok keenam adalah kacang mete. Kacang mete memiliki rasa gurih yang lebih enak dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Jajanan yang satu ini memang tergolong aga’ mahal dengan harga mulai Rp. 100.000 perbungkus. Dengan berbagai varian yakni kacang mete bumbu, kacang mete gurih, kacang mete madu, kacang mete manis, kacang mete oven, dan masih banyak lainnya.

Lombok termasuk daerah penghasil kacang mete terbesar di indonesia. Sehingga hampir semua pusat oleh – oleh Khas Lombok menjual kacang mete. Oleh karena itu, Anda harus mencicipinya agar tidak penasaran. Lebih bagusnya lagi bila dijadikan oleh – oleh untuk keluarga di Rumah.

7. Manisan Rumput Laut Lombok

Manisan-Rumput-Laut-Lombok
Manisan Rumput Laut

Jajanan khas Lombok ketujuh adalah manisan rumput laut. Selain diolah menjadi dodol, keripik, dan stik, rumput laut juga diolah menjadi keripik. Salah satu olahan rumput laut yang wajib Anda coba dan sayang untuk terlewatkan adalah manisan rumput laut. Biasanya Anda hanya mencoba manisan mangga, jambu, nanas, kedongdong, dan lain – lain yang berasal dari tumbuhan darat. Kali ini Anda bisa mencoba manisan dari tumbuhan laut yakni manisan rumput laut.

Jajanan yang satu ini memiliki kalori yang rendah dan kaya serat. Sehingga baik untuk kesehatan Anda. Manisan rumput laut memiliki warna kuning, merah, hijau, dan lain sebagainya. Lebih enak di makan saat dingin sehingga manisan yang satu ini lebih cocok disimpan di dalam tempat pendingin. Harga manisan rumput laut mulai Rp. 27.000 perbungkus dan bisa Anda temukan di berbagai pusat oleh – oleh yang ada di Lombok.