Saat Ramadhan tiba, kuliner memang menjadi topik yang dibahas. Karena suasana berbuka puasa selalu semarak. Di Lombok, terdapat jajanan Lombok untuk buka puasa. Cita rasanya khas dan nikmat. Jajanan Lombok ini memang hanya ditemukan saat bulan Ramadhan.

Lombok merupakan destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Keindahan pulau yang disebut pulau seribu masjid ini memang memikat siapa saja. Pantai yang masih bersih, air laut yang jernih, dan budaya yang unik menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh lombok untuk menarik minat wisatawan.

Namun, pesona lombok bukan hanya terdapat pada wisatanya saja, akan tetapi memiliki jajan khas lombok yang memiliki cita rasa yang unik dan tidak bisa ditemukan ditempat lain. Dan berhubung kali ini kita berada di bulan ramadhan, maka kami akan membahas jajanan khas lombok yang biasanya dimakan untuk buka puasa

Jajanan Khas Lombok untuk Buka Puasa

Jajanan khas memang menjadikan ciri tersendiri dari suatu daerah. Daerah yang satu dengan yang lain bisa jadi memiliki jajanan khas masing-masing. Dan tentu saja di pulau lombok juga memiliki jajan khas. Kalau begitu mari kita ulas jajanannya.

Kue Lupis Lombok

Kue Lupis Lombok

Kue Lupis Lombok. src: ig @pawoneva

Penggemar makanan tradisional khas Lombok tentu tidak akan asing lagi dengan Kue Lupis Lombok. Jajanan ini merupakan salah satu kue tradisional Indonesia, khususnya Lombok yang akhir-akhir ini mulai sulit untuk ditemukan. Karena sekarang ini banyak kue-kue becitarasa modern yang membuat Kue Lupis hanya bisa dibeli di pasar-pasar tradisional saja.

Jajan Lupis yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan direbus hingga matang. Dalam penyajiannya ketan tersebut dipotong-potong dan dicampur dengan entan. Entan merupakan campuran dari kelapa yang sudah diparut dengan gula merah yang sudah di masak. Lupis ini dapat dibeli di pasar tradisional di pulau lombok seperti pasar mataram.

Jajanan manis ini memang pas dijadikan sebagai makanan pembatal puasa di bulan ramadhan. Tapi paling enak lagi jika dihidangkan pada saat musim hujan, apalagi di temani dengan secangkir kopi hangat rasanya bertambah lezat. Bagaimana tidak jika jajan ini dirindukan oleh masyarakat lombok.

(Baca Juga : Makanan Khas Lombok untuk Buka Puasa)

Sarimuka

Kue Sarimuka Lombok

Kue Sarimuka Lombok. src: detik.com

Sarimuka merupakan jajanan khas lombok yang terbuat dari perpaduan ketan dan gula merah. Adonan ketan yang gurih dipadu dengan manis legit dari adonan gula merah menghasilkan citarasa yang sangat lezat. Perpaduan rasa yang pas membuat makanan ini juga cocok untuk pembatal puasa anda. Anda bisa menemukan jajanan ini di pasar-pasar di daerah lombok, terlebih lagi di pasar Mataram

Kelepon

Kelepon Kecerit

Kelepon Kecerit. src: sumber.com

Kelepon merupakan salah satu kue khas lombok dari berbagai jenis kue lainnya yang dibuat dari bahan dasar ubi. Kelepon dibuat dengan cara memarut ubi, kemudian menambahkan sedikit garam. Setelah itu parutan ubi dibentuk seperti bola-bola kecil, lebih kecil dari bola pingpong atau sebesar bakso kemudian dikukus. Setelah itu kelepon ditaruh diatas piring kemudian ditaburi parutan kelapa dan ditetesi gula merah yang sudah dilelehkan.

Kelepon memiliki banyak versi. Ada kelepon kecerit, dimana arti kecerit disini adalah muncrat, kenapa klepon disebut dengan klepon kecerit? Alasannya karena ketika klepon ini digigit, gula merah yang di dalamnya selalu muncrat. Klepon kecerit disini juga sebagai jajanan favorite di pulau Lombok untuk masyarakat Lombok.

Klepon juga banyak kita temukan di pasar-pasar seperti khususnya di pasar Lombok Tengah, kita bisa dapatkan klepon kecerit di pasar Renteng dan Pasar Karang Bulayak. Disana banyak sekali penjual klepon kecerit lho.. Tidak hanya di Lombok Tengah kita bisa temukan klepon kecerit ini namun ada di Mataram juga, seperti pasar ACC, Pasar Kebon Roek, Pasar Muhajirin, dll.

Mungkin cukup itu dulu jajanan khas lombok untuk buka puasa yang bisa kami sajikan. Memang jajanan yang pas untuk membatalkan puasa adalah jajanan yang rasanya manis, dan semua jajanan di atas memiliki rasa yang manis. Karena rasa manis bisa mengembalikan energi yang kita habis kan seharian penuh tanpa makan dan minum selama puasa.

Sekian pembahasan kami, jika ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf. Jangan lupa untuk mampir di artikel Dapursasak kami yang lainnya. Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan disana