Bagi sejumlah pengusaha, termasuk usaha rumah makan di Lombok, memiliki website untuk melakukan marketing rumah makannya secara online itu diperlukan. Terbukti, dari sekian banyak tamu, biasanya para wisatawan luar daerah melakukan pencarian berbagai tempat termasuk tempat makan melalui internet (online).

Saat ini marketing online menjadi salah satu teknik pemasaran baru yang ramai dicoba. Karena dari sisi keuntungan, marketing online cukup menjanjikan. Sehingga apabila ada suatu usaha yang ingin segera membesar dengan cepat, pemiliknya segera ingin menempatkan usaha di mesin pencarian.

Menempatkan usaha di mesin pencarian bisa dengan cara-cara tertentu. Misalnya membuat website, memiliki akun media sosial, beriklan online dan cara lainnya. Sebenarnya secara umum, seberapa menguntungkan sih marketing online bagi usaha-usaha di Lombok?

Kata Kunci Rumah Makan Khas Lombok

Roemah Langko Tempat Kuliner Khas Lombok, sumber ig baguskusuma
Tempat Kuliner Khas Lombok, sumber ig @baguskusuma

Ada berbagai jenis usaha di Lombok yang hampir semuanya ternyata bukan hanya bersaing ketat di dunia nyata, tetapi juga bersaing ketat di dunia maya. Lihat saja, seluruh usaha dari berbagai jenis jasa dan produk meramaikan internet dan media-media sosial.

Dunia online memang sedikit banyaknya mempengaruhi iklim usaha di Indonesia termasuk Lombok. Dengan keberadaan internet dan marketing online, semakin banyak usaha-usaha kecil yang cepat berkembang. Nah, jenis-jenis usaha apa saja yang paling banyak ditemukan di dunia maya?

Khusus untuk daerah Lombok, jenis-jenis usaha yang sering menjadi perhatian secara online di internet adalah seputar pariwisata, pantai, kuliner, penginapan dan beberapa jenis usaha lainnya. Nah, bagaimana bisa mengetahui hal ini?

Cara melihatnya adalah dengan melihat kata kunci yang paling sering dipakai. Kata kunci (keyword) ini biasa muncul sebagai sugesti di mesin pencarian (searching engine) atau di pencarian media sosial. Jadi, kata kunci adalah kata atau kalimat yang dipakai pengguna internet untuk mencari target mereka.

Dikutip dari beberapa situs internet, setidaknya untuk daerah Lombok ada 5 kata kunci yang paling sering dipakai oleh netizen. ke-5 kata kunci tersebut adalah :

Bukit Sembalun Lombok, sumber ig mango.lodge
Wisata di Pulau Lombok, sumber ig mango.lodge

1. Lombok

Kata kunci yang paling sering dipakai seputar Lombok adalah tentu saja Lombok. Menurut analisa, kata kunci tersebut memang sering dipakai karena berbagai alasan, salah satunya adalah mengetahui Lombok lebih dalam.

Selain itu tentu saja kata kunci ini dipakai untuk mengetahui berita terkini seputar Lombok. Karena pada saat mengetik kata kunci Lombok, yang paling sering muncul adalah situs wikipedia, situs resmi pemerintah setempat dan situs news.

2. Makanan Khas Lombok

Kata kunci lainnya yang juga sering dipakai untuk pencarian seputar Lombok adalah Makanan Khas Lombok. Hal ini tentu saja mengejutkan bagi sebagian orang. Karena biasanya banyak orang berekspektasi bahwa yang terbanyak kedua adalah obyek wisata.

Menurut analisa kami, makanan khas Lombok bisa menjadi pencarian karena cita rasanya yang khas dan sangat cocok bagi masyarakat Indonesia secara umum. Sehingga kata kunci ini menjadi salah satu yang paling populer di Lombok.

Kuliner Khas Lombok, sumber ig wonderfullombok
Kuliner Khas Lombok, sumber ig @wonderfullombok

3. Pantai di Lombok

Selanjutnya adalah kata kunci Pantai Di Lombok. Hal ini merupakan suatu yang wajar, karena Lombok merupakan salah satu diantara daerah destinasi wisata pantai terbaik di Indonesia. Bahkan Lombok bisa hampir sejajar dengan Bali yang telah lebih dulu terkenal dengan pantainya.

Selain pantai, sebenarnya masih terdapat banyak obyek wisata di Lombok yang bisa menjadi pilihan. Seperti Taman Nasional Gunung Rinjani, Gili (pulau kecil), air terjun dan tempat wisata lainnya.

4. Masakan Khas Lombok

Setelah makanan khas Lombok berada di posisi atas pencarian di internet, ternyata masih ada kata kunci Masakan Khas Lombok. Kata kunci ini selisih satu langkah dibawah kata kunci masakan khas Lombok.

Terdapat beberapa jenis masakan khas Lombok yang terkenal bahkan dijajakan di daerah lain di luar Lombok. Misalnya Nasi Balap Puyung dan Plecing Kangkung. Keduanya dapat ditemukan di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Jogja.

5. Batu Payung

Batu Payung adalah salah satu keunikan di Lombok yang dapat ditemukan di salah satu pantai di Lombok. Bahkan batu payung ini tidak bisa ditemukan di daerah lain di Indonesia. Bentuknya unik dan menjadi spot wisata tersendiri.

Batu Payung, sumber ig laurainges08
Batu Payung, sumber ig @aurainges08

Sehingga wajar saja jika batu payung menjadi salah satu kata kunci yang banyak pencariannya untuk topik seputar Lombok. Akhir-akhir ini kata kunci ini mencuat kembali setelah ternyata batu payung runtuh.

Meskipun runtuh, masih terdapat gambar-gambar batu payung yang masih dapat dilihat karena telah didokumentasikan sebelumnya. Sehingga, bagi Anda yang ingin melihat keunikannya, masih bisa mencarinya di internet.

Nah, itu dia berbagai kata kunci yang sering dipakai untuk pencarian online seputar Lombok. Semoga informasi ini dapat membantu dan memberikan wawasan terbaru bagi Anda. Nantikan berbagai ulasan dapursasak.com lainnya.