Pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona. Pulau yang berada di sebelah timur Bali ini juga memiliki beragam kuliner tradisional yang bisa memanjakan Anda. Tentu, kuliner Lombok tersebut juga wajib dijelajah. Terkenal dengan cita rasa pedas, ada satu lagi jenis kuliner pulau yang kaya budaya ini yang tak boleh terlewatkan. Kuliner tersebut yaitu Kelaq Batih.

Cita rasa makanan Lombok memang terkenal hingga ke beberapa daerah di Indonesia. Beberapa makanan Lombok juga terdapat di luar daerah Lombok seperti Nasi Balap Puyung, Ayam Taliwang, Plecing Kangkung dan lainnya. Rumah makan Lombok juga terdapat beberapa di kota-kota besar yang terdapat di Indonesia.

Kelaq Batih

Kelaq Batih merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Makanan khas satu ini adalah jenis makanan yang memilliki kuah. Bahan utama Kelaq Batih adalah biji buncis yang sudah tua dicampur dengan daun singkong muda.

Kuliner enak khas Lombok ini termasuk yang paling sulit didapat. Jangankan di restoran, makanan yang satu ini juga sudah sulit didapat di warung makan biasa. Saking sulitnya didapat, maka warung makan atau restoran yang menyediakan menu Kelaq Batih pasti cepat habis.

Keunikan dari Kelaq Batih adalah bumbu tradisional yang rasanya sangat khas. Bumbu ini nantinya ditambahkan saat rebusan biji buncis tua sudah empuk. Satu mangkuk Kelaq Batih biasanya terdiri dari biji buncis tua dan daun singkong muda.

Bahan Kelaq Batih

Bahan biji buncis dipilih yang sudah tua, sedangkan daun singkong atau upi kayu yang masih muda. Perpaduan singkong, buncis, dicampur dengan bumbu rempah yang kaya membuat sajian sayur menjadi lebih istimewa.

Kelaq ini tentu bakal menggugah selera makan Anda. Yang menjadi ciri khas terletak pada kuahnya yang memiliki rasa yang sangat sulit dijelaskan dengan kata-kata. Bumbu yang digunakan untuk membuat kuah berasal dari banyak campuran rempah-rempah yang digunakan atau dalam bahasa Sasak disebut ragi beleq.

Untuk ragi beleq sendiri terdiri dari merica, ketumbar, jahe, legkuas, sedikit kencur, cengkeh, cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasa, garam, dan penyedap. Semua bumbu dicampur dan dihaluskan.

Memasak Kelaq Batih

Cara memasak menu masakan ini cukup gampang yaitu dengan merebus biji buncis yang sudah tua sampai empuk. Kemudian masukkan bumbu yang terlebih dahulu sudah ditumis hingga harum. Menumis bumbu sebaiknya menggunakan minyak kelapa agar aroma dan rasanya lebih sedap.

Selanjutnya, campurkan bumbu ke dalam rebusan biji buncis. Daun singkong dimasukkan terakhir atau bisa berbarengan dengan bumbu tumis.

Kelaq Batih, sumber : MerahPutih
Kelaq Batih, sumber : MerahPutih

Sajian Kelaq Batih

Kelaq Batih cocok disajikan dengan nasi putih. Makan menu sayuran khas Lombok saat berwisata ke Lombok tentu akan menjaga kesegaran dan kesehatan Anda. Sayur ini layak jadi masuk dalam daftar perjalanan kuliner Anda di Pulau Lombok.

Selain jadi menu rumahan, sayuran khas ini juga dijual di rumah makan Khas Lombok, meski disebut kini sudah sulit ditemukan.

Membuat Kelaq Batih Di Rumah

Kuliner khas Lombok satu ini sudah jarang ditemukan di restoran atau rumah makan di Pulau Lombok. Maka apabila Anda menginginkan kuliner yang satu ini memang sangat sulit.

Tapi jangan khawatir, karena Anda pun bisa membuat makanan enak khas Lombok ini. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang relatif mudah untuk didapatkan.

Sebelum Anda membuat sajian khas ini sendiri di Rumah, terlebih dahulu Anda harus siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Apa saja bahan-bahannya?

Bahan-bahan yang diperlukan adalah biji buncis tua, daun singkong, merica, ketumbar, jahe, lengkuas, kencur, cengkeh, cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi dan garam.

Cara pembuatan :

  1. Cuci bersih daun singkong dan biji buncis
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan
  3. Rebus air dan masukkan biji buncis tua hingga empuk
  4. Kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis dan daun singkong
  5. Masak hingga daun singkong matang

Tunggu hingga daun singkong matang, lalu hidangkan bersama nasi hangat. Mudah bukan membuat makanan khas lombok yang satu ini? Anda pun juga pasti dapat mencotoh dan membuatnya sendiri di rumah.

Demikianlah ulasan mengenai cita rasa pedas gurih Kelaq Batih khas Lombok yang sayang sekali untuk Anda lewatkan. Wisata kuliner Lombok yang khas dengan cita rasa pedas-nya tentu siap memanjakan lidah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.