Pulau Lombok memiliki kekayaan kuliner yang bisa memanjakan para pecinta kuliner. Selain tempat wisata baharinya yang sudah terkenal sampai mancanegara, kuliner Lombok pun memang sayang untuk dilewatkan apalagi kuliner tradisional Lombok dengan citarasa pedas. Kelaq Sebie Lombok salah satunya.

Kelaq Sebie merupakan jenis sayur yang berbahan utama cabai. Cabai dijadikan sayuran ini yang membuat sayur yang satu ini masuk daftar kuliner terpedas dari Lombok.

Maka kuliner asli Lombok ini sangat tidak cocok bagi penderita asam lambung. Kuliner Lombok memang terkenal dengan citarasa pedasnya. Kelaq Sebie Lombok diolah dari bahan cabai rawit yang dipotong-potong kecil.

Kelaq Sebie Lombok
Kelaq Labui salah satu kelaq khas Lombok. Sumber IG @dinapringgotono

Mengenal Kelaq Sebie Lombok

Nama “Sebie” dalam bahasa Sasak berarti cabai. Kelaq Sebie berarti sayur cabai. Sementara bumbu-bumbu lain cukup sederhana, seperti bawang merah dan putih, terasi, dan santan.

Selain dijadikan sebagai sayuran, kelaq sebie juga ditambah dengan bahan lain seperti ikan atau sayuran lain. Misalnya kelaq ini ditambah dengan tongkol atau sayuran terung. Meski ditambah dengan bahan lain, cabai tetap jadi bahan utama dengan porsi lebih banyak.

Pengolahan kelaq ini tergolong cukup mudah yaitu dengan cara memasak semua bumbu dan memasukkan bahan utama cabai rawit. Setelah itu, kemudian ditambahkan santan. Kelaq Sebie dimasak hingga santan mengental.

Ragam Kelaq Khas Lombok

Selain Kelaq Sebie Lombok, ada lagi ragam kelaq khas Lombok yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Kelaq Batih

Kelaq Batih merupakan tumis sayur dengan bahan utama biji buncis yang sudah tua dipadukan dengan daun singkong muda, lalu dibumbui rempah-rempah yang disebut juga ragi beleq. Inilah yang membuat rasanya jadi khas.

Tak lupa campuran terasi serta cabai merah ikut memperkaya rasanya jadi pedas-pedas gurih. Sayang, kelaq yang satu ini sudah jarang ditemui di pasaran, walau masih jadi menu andalan masakan rumahan yang bisa dibuat sendiri.

2. Kelaq Kelor

Daun kelor umumnya sering digunakan sebagai obat atau memandikan jenazah. Namun di Lombok, daun kelor biasa diolah jadi sayur bening atau tumisan dengan cita rasa yang khas. Dan saat ini sudah banyak warung di beberapa daerah di Indonesia menggunakan daun kelor sebagai sayuran organik karena khasiatnya yang bagus bagi tubuh.

Untuk mencicipi kelaq kelor terbaik, ada warung makan kelor yang senantiasa menyajikan kelaq kelor sebagai menu utamanya. Tepatnya di warung makan kelor yang berada di Pancong, Lombok Timur. Agar lebih nikmat, kelaq kelor cocok disantap bersama nasi putih dan sambal terasi.

3. Kelaq Lebui

Sayur khas ini dikenal juga dengan nama lebui kelaq pangkes atau lebui kelaq sebie. Yakni jenis kacang-kacangan bernama lebui, bentuknya serupa biji kedelai hitam, yang dimasak dengan campuran daging sapi khas dalam, irisan bawang merah, daun bawang yang cukup banyak, serta daun kemangi.

Baunya harum, rasanya asam pedas berminyak, dan warnanya kehitaman. Sayur ini paling pas disantap saat panas, dengan nasi yang masih mengepul ditambah kerupuk kulit Lombok dan ikan tongkol goreng.

Di beberapa tempat, seperti di Masbagik Timur, kelaq lebui biasanya dicampur dengan pepaya muda dan dawung yang merupakan jenis dedaunan yang tumbuh di pematang sawah.

4. Kelaq Pedis Panas

Dalam bahasa Sasak, bahasa daerah Lombok, Pedis artinya asam atau kecut, dan panas artinya pedas. Rasanya agak mirip sayur asam di Sunda. Namun kuahnya lebih gelap dan cenderung merah karena penggunaan cabai merah serta tomat yang dominan.

Kelaq pedis panas menggunakan kemangi sehingga terasa segar. Untuk isian ada labu siam, jagung manis, terong, kecipir, kacang panjang, dan daun pakis. Cocok bagi Anda pecinta sayuran atau vegetarian.

5. Kelaq Ares

Ares adalah sayur khas Lombok yang menggunakan bahan dasar pelepah atau gedebok pisang yang masih muda yang belum berbunga. Pohon pisang yang dipakai tidak sembarangan hanya gedebok pisang tertentu saja, yaitu pisang kepok dan pisang raja.

kelaq Sebei lombok
Kelaq Ares Khas Lombok. Sumber IG @bundasarah

Rasa dari sayur ares ini manis dan gurih, meskipun diolah dengan santan. Hidangan ini akan lebih nikmat jika dihidangkan dengan nasi pulen hangat. Ares seendiri di buat konon karena pada masa lalu terjadi kekeringan dan gagal panen di pulau Lombok. Untuk tetap bertahan hidup warga mengolah batang pohon pisang hingga terciptalah masakan Ares.

Demikianlah ulasan mengenai Kelaq Sebie Lombok dan juga kelaq yang lain yang legendaris sebagai kuliner pedas dari Lombok. Jangan sampai melewatkan kelaq yang satu ini dan ragam kelaq lainnya khas Lombok ketika berkunjung ke pulau wisata di timur Bali tersebut.

Dan pastikan menikmati masakan khas Lombok lainnya yang tak kalah lezatnya yang menunya ada pada rumah makan di Lombok yang terkenal semisal rumah makan Dapur Sasak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.