Kuliner yang terbuat dari ayam terdapat berbagai macam. Bahkan, kuliner tradisional pun banyak yang berbahan dasar yang sama. Salah satunya Kuliner Ayam Lombok.

Selain keindahan objek wisata nya, Lombok tidak lepas dari kuliner khas nya yang unik yang berbeda dengan daerah lainnya. Maka akan rugi bila anda berkunjung ke daerah di nusa tenggara barat ini tanpa mencicipi makanan khas nya.

Berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas nya bagaikan seperti sayur tanpa garam, akan kurang lengkap rasanya. Maka dari itu sempatkan waktu anda untuk mencicipi makanan khas pulau seribu masjid ini ketika berkunjung.

Kuliner Khas Lombok Berbahan Dasar Daging Ayam

Hampir setiap daerah mempunyai makanan khas sendiri-sendiri. Dan tidak lepas dari itu lombok juga mempunyai makanan khas nya sendiri. Kali ini kita akan mengulas tentang kuliner khas lombok yang berbahan dasar ayam.

Ayam Taliwang

Rumah Makan di Lombok Ayam Taliwang

Ayam Taliwang. src: phinemo.com

Ayam Taliwang memang sudah terkenal bukan hanya di lombok saja, hampir seluruh negara Indonesia sudah mengetahui akan makanan pedas khas lombok ini. Ayam Taliwang yang berasal dari daerah Taliwang, Nusa Tenggara Barat yang memiliki bahan dasar daging ayam. Daging Ayam ini dibakar dengan bumbu-bumbu seperti cabai merah kering, cabai merah, bawah putih tomat, terasi, kencur, gula merah, garam dan lain sebagainya.

Dengan melihat bahan-bahan pembuatannya saja sudah terbayang bagaimana lezatnya dan pedasnya makanan ini. Biasanya makanan ini di santap bersamaan dengan makanan khas lombok lainnya, seperti plencing kangkung. Ayam Taliwang ini akan lebih enak ketika diolah menggunakan ayam kampung yang masih berumur sekitar dua bulan. Ayam yang berusia muda ini akan memberikan cita rasa yang empuk, gurih, dan tentunya sangat memanjakan lidah.

Ayam Rarang

Rumah Makan di Lombok Ayam Rarang

Ayam Rarang. src: pesona.travel

Biasanya orang hanya mengetahui olahan ayam yang rasanya pedas dari lombok hanyalah ayam taliwang. Tetapi ternyata bukan hanya kuliner itu saja yang khas dari daerah lombok ada Ayam Rarang yang tidak kalah lezat dan nikmat dan tentu saja rasa pedasnya tidak kalah dari Ayam Taliwang.

Mendengar namanya saja sudah terbayang semut merah yang sangat sakit jika menggigit. Sangat pas sekali untuk menggambarkan rasa pedas dari ayam rangrang ini. Ayam Rarang biasanya disajikan dengan lumeran bumbu pedas yang berminyak, rasa gurih dan pedasnya sangat terasa, dijamin anda akan bermandikan keringat saat makan makanan ini.

Nama rarang ini sebenarnya diambil dari daerah di kabupaten lombok timur, nusa tenggara barat. Disana pertama kali diperkenalkan tentang olahan ayam plencingan yang resepnya dimodifikasi agar sesuai dengan lidah orang dari desa rarang tersebut.

Sate Bulayak

Rumah Makan di Lombok Sate Bulayak

Sate Bulayak. src: beritagar.id

Menggunakan bahan daging ayam, jeroan, dan daging sapi, sate bulayak tak terlalu berbeda dengan sate lainnya. Yang khas dari sate ini adalah bulayak, yaitu lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Bulayak bertekstur lembut dan memiliki rasa yang gurih.

Bumbu kacang pada sate ini pun berbeda dengan bumbu kacang pada sate yang lainnya. Bumbu kacang di sini terbuat dari kacang tanah yang telah disangrai, ditumbuk, lalu direbus bersama santan juga bumbu-bumbu lain seperti ketumbar, jintan, bawang dan cabai menghasilkan rasa yang pedas untuk disantap.

Untuk menikmati sate ini dengan mencelupkan bulayak ke bumbu kacang yang telah disediakan. Pertemuan gurihnya bulayak dan bumbu kacang yang pedas menghasilkan kombinasi rasa yang sempurna.

Ayam Pelalah

Rumah Makan di Lombok Ayam Pelalah

Ayam Pelalah. src: resepyummy.com

Di antara kuliner legendaris terkenal kahs lombok seperti ayam taliwang, sate bulayak, sate tanjung, bebalung dan beberuq terong, ada juga makanan khas berbahan dasar ayam yang tidak kalah nikmatnya dibandingkan ayam taliwang yaitu Ayam Pelalah.

Rasa Ayam Pelalah sangat unik dan nikmat. Daging ayam bertekstur empuk yang berpadu dengan bumbu santan sedikit pedas menciptakan rasa khas yang luar biasa. Terlebih lagi ditambah dengan perasan jeruk limau, pastinya akan lebih segar. Ayam Pelalah cocok jika disantap bersama dengan nasi hangat.

Itulah daftar makanan khas lombok yang berbahan dasar daging ayam. Untuk bisa mencicipi itu semua anda tidak usah khawatir. Anda bisa mencari rumah makan di lombok yang menyediakan menu makanan tersebut. Dan mencarinya pun tidak akan susah, karena makanan-makanan khas di atas sudah hampir tersebar di seluruh wilayah lombok.

Sekian ulasan dari DapurSasak, jika ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf. Jangan lupa untuk menbaca artikel kami lainnya. Banyak informasi bermanfaat yang bisa anda dapatkan.