Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat sudah dikenal banyak orang dengan pulau seribu masjid karena dengan ukuran pulau yang kecil tetapi jumlah masjidnya hampir 9000 masjid, baik itu masjid besar ataupun kecil. Makanan Lombok untuk buka puasa juga sangat menunjukan nuansa islami.

Berkaitan dengan nuansa islami, sebentar lagi akan datang bulan yang dinanti-nantikan oleh semua umat muslim yaitu bulan Ramadhan, maka tak heran juga masyarakat Lombok juga bergembira dengan datangnya bulan ini.

Ngomong-ngomong soal bulan ramadhan ternyata masyarakat lombok juga mempunyai makanan khas tersendiri disaat berbuka puasa. Wajar saja karena masyarakat lombok mempunyai makanan khas sendiri yang sebagiannya sudah terkenal di seluruh indonesia.

Makanan Khas Lombok untuk Buka Puasa Ramadhan

Makin dekat dengan bulan Ramadhan masyarakat lombok semakin banyak yang memakan makanan tradisional dibandingkan dengan makanan biasa. Dan untuk lebih lengkapnya mari kita ulas dalam penjelasan berikut.

Urap-Urapan Ebatan

Ebatan

Urap-urapan Ebatan. sc: riadunezious.wordpress.com

Ebatan adalah urap-urapan khas lombok yang diberi dengan adonan bumbu berupa terong dengan biji pisang. Ebatan akan menjadi semakin lebih enak dengan ditambahkan parutan kelapa di atasnya. Selain itu Ebatan akan lebih ramai lagi rasanya dengan ditambahkan dengan berbagai macam sayur seperti kacang panjang yang dipotong-potong dan tauge. Biasanya makanan ini juga disantap bersamaan dengan plencing kangkung karena rasanya yang serasi.

Plencing Kangkung

Plecing Kangkung

Plecing Kangkung. sc: grid.id

Plencing Kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan langsung disajikan dengan sambal tomat. Sambal tomat dibuat dengan mencampurkan tomat, cabai rawit, garam, terasi, kadangkala ditambahkan dengan jeruk limau.

Sebagai pendamping makanan Ayam Taliwang, plencing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan taoge, kacang panjang ataupun kacang tanah. Kangkung yang digunakan juga bukanlah kangkung biasa yang sering dipakai oleh orang jawa, namun kangkung air yang ditanam pada air mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung yang batangnya besar dan rasanya ranyah.

Makanan ini sangat lezat jika dinikmati setelah puasa yang menahan lapar dan dahaga. Makanan ini juga biasa disantap dengan makanan yan sudah populer yaitu ayam Taliwang.

(Baca Juga : Kuliner Tradisional Lombok Dengan Citarasa Pedas)

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang. sc: bagi-in.com

Ayam Taliwang yang memiliki rasa pedas sangat cocok sekali sebagai makanan penambah semangat saat buka puasa di bulan ramadhan. Ayam Taliwang memang sudah terkenal bukan hanya di lombok, mungkin seluruh negara Indonesia sudah mengetahui akan lezat dan pedasnya makanan ini. Ayam Taliwang yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat yang memiliki bahan dasar daging ayam.

Daging Ayam ini dibakar dengan bumbu-bumbu seperti cabai merah kering, cabai merah, bawah putih tomat, terasi, kencur, gula merah, garam dan lain sebagainya. Sudah kebayangkan bagaimana lezatnya dan pedasnya makanan ini. Biasanya makanan ini di santap bersamaan dengan makanan khas lombok lainnya, seperti plencing kangkung.

Nasi Balap Lombok

Nasi Balap Lombok

Nasi Balap Lombok. sc: medium.com

Nasi Balap memang makanan kha lombok yang sudah terkenal diseluruh indonesia. Nasi balap punya cita rasa istimewa. Suiran ayam dengan bumbu pedas yang khas begitu nikmat di lidah. Apalagi ditambah dengan kacang sangrai plus ayam kampung akan semakin meningkatkan selera makan.

Ayam suir itu dipanggang dulu pakai bumbu agar meresap jadi enak. Kemudian kriuknya sendiri dari kentang campur daging ayam, dan kedelainya tak digoreng tapi disangrai jadi gurih, kata Kamila penjual nasi balap puyung restoran Rinjani II kepada Republika.

Mungkin cukup sampai disini dulu untuk daftar makanan khas lombok untuk buka puasa. Jika ada waktu lain, nanti akan kita tambahkan lebih banyak lagi makanan khas lombok yang lain.

Sebenarnya makanan untuk buka puasa tidaklah mesti menggunakan makanan khas tetapi bisa juga menggunakan makanan biasa yang lainnya. Malah akan lebih bagus lagi jika berbuka dengan tuntunan yang diajarkan nabi kepada kita, bukan hanya menghilangkan lapar dan dahaga akan tetapi mendapatkan pahala juga karena menjalankan apa yang nabi ajarkan.

Sampai disini dulu permbahasan kami. Jangan lupa untuk mampir ke artikel Dapursasak kami yang lainnya. Akan ada banyak informasi bermanfaat lainnya yang bisa anda dapatkan. dan Jangan lupa untuk mampir ke rumah makan di lombok untuk mendapatkan menu makanan buka puasa yang anda inginkan.