Makanan pedas merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya cita rasa pedas tidak bisa dipisahkan dengan menu makan kita sehari-hari. Misalkan seperti sambal, makanan yang hampir wajib adanya. Manfaat makanan pedas ternyata juga baik untuk kesehatan.

Bahkan rasanya kurang pas bila makan tak dicampur dengan sambal yang bisa membuat makanan menjadi pedas dan menggugah selera. Tahukah Anda bahwa makanan bercita rasa pedas memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh?

Rasa pedas di lidah bukan hanya efektif menambah nafsu makan, tapi juga berkhasiat mengatasi sejumlah keluhan penyakit. Tentu saja, makanan pedas ini harus dikonsumsi secara bijaksana, terutama jika kamu memiliki perut yang sensitif atau tidak bisa mentoleransi makanan pedas.

Masih ada lagi manfaat ketika Anda mengkonsumsi makanan pedas bagi kesehatan tubuh, simak ulasan lebih detailnya :

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat makanan pedas apabila dikonsumsi yang pertama adalah menjaga berat badan ideal. Sensasi pedas yang didapatkan melalui adanya kandungan senyawa capsaicin pada cabai. Capsaicin akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat.

Senyawa capsaicin bisa membuat suhu tubuh dan denyut jantung yang meningkat sehingga berimbas pada semakin lancarnya sirkulasi darah dan membuat organ kardiovaskular menjadi semakin sehat.

Dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa senyawa capsaicin bisa mendorong kinerja metabolisme tubuh hingga 5% sehingga dengan peningkatan kinerja tersebut akan menghasilkan peningkatan pembakaran lemak sejauh 16%.

Tentu untuk menjaga berat badan tetap ideal tidaklah semudah yang dibayangkan, hanya dengan mengkonsumsi makanan bercita rasa pedas tidaklah cukup, Anda harus melakukan olahraga rutin dan gaya hidup sehat.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan senyawa capsaicin yang terdapat dalam cabai memiliki fungsi yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu juga, dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Ilustrasi Sambel, sumber : Thrillist
Ilustrasi Sambel, sumber : Thrillist

Hal tersebut berimbas akan menurunkan resiko mengidap penyakit serangan jantung atau stroke. Selain senyawa capsaicin, dalam cabai juga terdapat vitamin A dan vitamin c yang sangat tinggi. Kedua jenis vitamin tersebut berfungsi untuk memperkuat dinding otot jantung dan dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat makanan pedas selanjutnya apabila dikonsumsi adalah mengurangi resiko kanker. Banyak penelitian yang mengungkap bawah dengan mengkonsumsi makanan pedas secara rutin bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Hal tersebut terjadi karena adanya senyawa capsaicin yang memiliki manfaat membunuh 80 % sel kanker dan tidak membunuh sel normal yang terluka.

4. Meredakan Gejala Flu

Anda mengalami gejala flu? sebagai jalur alternatif Anda bisa menggunakan makanan bercita rasa pedas untuk membantu menghilangkan gejala flu yang dialami. Senyawa yang ada pada cabai yakni capsaicin, senyawa tersebut juga bisa membantu meningkatkan pengeluaran keringat secara tidak langsung mempercepat pengeluaran zat-zat beracun dalam tubuh.

5. Menjaga Mood

Senyawa yang terkandung dalam cabai merah ternyata bisa merangsang peningkatan produksi hormon endorphin dan serotonin. Hormon-hormon tersebut berfungsi agar membuat tubuh merasa lebih nyaman, tenang, dan bahkan bisa mengatasi berbagai rasa nyeri.

Rumah Makan di Lombok Ayam Rarang
Ayam Rarang Pedas di Lombok. src: pesona.travel

Hal ini akan berimbas pada suasana hati yang lebih baik sekaligus mencegah datangnya stres atau depresi. Bagaimana? tertarik untuk mengkonsumsi makanan bercita rasa pedas? jika Anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa untuk mencicipi makan khasnya yang super duper lezat dan bercita rasa pedas.

6. Mengurangi Resiko Kematian

Percaya tidak kalau mengonsumsi makanan bercita rasa pedas mampu mengurangi resiko kematian? beberapa studi yang pernah dilakukan oleh Chinese Academy of Medical Sciences dengan melibatkan 500.000 orang yang berusia 30-79 dengan kebiasaan makan yang beragam selama periode lima tahun.

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang gemar mengkonsumsi makanan bercita rasa pedas dengan jumlah 6-7 kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko kematian dini. Tentu saja Hal tersebut berkaitan dengan hasil yang didapat, berupa hati yang sehat dan menurunkan risiko penyakit lainnya. Mengonsumsi makanan pedas, secara tidak langsung bisa menjaga kesehatan juga.

7. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Manfaat cabai dalam saluran pencernaan adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.

Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

8. Membantu Tidur Nyenyak

Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

9. Melancarkan Sirkulasi Darah

Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

Itulah beberapa ulasan terkait manfaat mengkonsumsi makan pedas untuk kesehatan tubuh. Tetapi hal yang perlu Anda perhatikan adalah porsi dalam mengkonsumsinya. Walaupun banyak manfaat yang diperoleh dari konsumsi makanan pedas, tidak serta-merta kamu dapat mengkonsumsinya dengan porsi yang banyak. Perlu ada takaran yang pas agar gangguan yang terjadi pada perut dapat dihindari.

Disamping itu, beberapa orang dengan kondisi tubuh tertentu memang disarankan untuk tidak memakan makanan pedas agar tetap sehat. Karena meskipun terdapat dampak positif bagi kesehatan, terdapat juga dampak negatifnya.

Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Simak review berbagai kuliner pedas khas lombok di halaman dapursasak.com. Jika terdapat pertanyaan, berbagai saran dan kritik, silahkan menyapa kami melalui kolom komentar.