Nasi Balap Puyung adalah salah satu sajian khas dari Lombok. Sajian ini menjadi salah satu yang dikenal hingga ke luar daerah dan menjadi bagian dari wisata kuliner Lombok. Ya, Pulau Lombok bukan hanya dikenal dengan berbagai pantai dan gugusan gili-nya, namun juga terdapat berbagai daya tarik yang bisa dinikmati.

Bagi Anda para wisatawan dan penikmat kuliner Indonesia, Lombok memang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik Indonesia yang tidak bisa dilewatkan. Terdapat berbagai pantai-pantai indah nan eksotis, puluhan obyek wisata air terjun, Taman Nasional Gunung Rinjani, beberapa Goa, serta jenis wisata lainnya seperti kuliner khas Lombok Nasi Balap Puyung.

Jika selama ini para penikmati kuliner khas Lombok mengenal plecing kangkung, ayam taliwang, sate bulayak dan banyak lagi menu lainnya, jangan lewatkan Nasi Balap Puyung. Menu kuliner khas Lombok yang satu ini bahkan terkenal hingga keluar daerah Lombok sehingga bisa dinikmati hampir di beberapa kota besar di Indonesia.

Keberadaannya hingga keluar daerah bisa karena beberapa faktor. Utamanya adalah rasa. Namun selain itu, sajian ini juga simpel dan tentunya terjangkau. Nah, bagaimana kenikmatan dan cita rasa Nasi Balap Puyung? Simak berbagai informasinya berikut ini.

Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung, sumber ig pawonlombok15
Nasi Balap Puyung, sumber ig @pawonlombok15

Nasi Balap Puyung adalah sajian yang dikenal sebagai menu kuliner khas Lombok yang saat ini cukup dikenal bahkan hingga di luar Lombok. Ini tentu saja menggambarkan bahwa sajian ini berhasil memanjakan lidah bukan hanya masyarakat Lombok, tetapi juga para penikmat kuliner Indonesia.

Menu kuliner khas Lombok yang satu ini berisi nasi, lauk pauk, sayuran dan pelengkap yang semuanya berpadu dengan baik. Sehingga sajian ini cukup mapan untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Rasa yang tergambar setelah mencicipinya sangat dekat dengan cita rasa khas Lombok yang pedas.

Setiap satu porsi terdiri dari nasi, lauk berupa ayam suwir dan telur, sayuran yaitu oseng kacang panjang dan ditambah pelengkap berupa kedelai dan kentang goreng kering. Selain itu, menarik untuk dilihat bungkusan sajian ini yang berbentuk kerucut.

Bungkusan kerucut ini ternyata juga memiliki manfaat tersendiri. Para penjual akan memasukkan seluruh lauk pauk, sayur dan pelengkap pada pucuknya, baru kemudian nasih diletakkan di bagian yang paling bawah. Dengan begitu, seluruh essens dari lauk pauk dan sayurannya turun dan bercampur dengan nasi dibawahnya. Unik bukan?

Asal Usul

Hal menarik lainnya tentang sajian ini adalah asal usulnya. Ini terlihat dari nama sajian yang tidak lumrah untuk ukuran nama sebuah sajian kuliner. Tetapi setelah melihat sejarahnya, akan ditemukan bahwa penamaan sajian ini sebenarnya menarik dan menggambarkan ciri khasnya.

Versi yang pertama dari asal usul nama kajian ini adalah dari aktivitas warga setempat. Di tempat asalnya, yaitu Desa Puyung, Kota Praya, Lombok Tengah, para pemuda setempat terbiasa balap liar pada malam hari. Di sekitar mereka, ada penjual yang menjajakan sajian khas ini sehingga dinamakan “Nasi Balap” dari Desa Puyung.

Nasi Balap Puyung Dalam Bungkusan, sumber ig wirastanto
Nasi Balap Puyung Dalam Bungkusan, sumber ig @wirastanto

Sedangkan versi yang kedua dari asal usul nama sajian ini dalah berkaitan dengan tata cara penyajiannya. Dengan seluruh komponen sajian yang tersedia, pada saat pembeli datang, seluruh komponen di racik dengan cepat layakanya balapan. Jadi untuk para pembeli, tidak perlu khawatir mengantri karena menu ini dapat disajikan dengan cepat.

Resep dan Cara Membuatnya

Menu kuliner unik dan nikmat ini ternyata simpel. Namun meskipun simpel, kuliner ini tetap begitu memanjakan para penggemar kuliner. Untuk lebih memahami kenikmatan menu sajian ini, berikut resepnya :

  • Beras
  • Ayam
  • Kacang Panjang
  • Kentang Kedelai
  • Bumbu

Sedangkan bumbunya terdiri dari :

  • Cabai merah
  • Cabai rawit
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Kemiri
  • Jahe
  • Kencur
  • Terasi
  • Gula
  • Jeruk limau
  • Minyak, dan
  • Garam
Nasi Balap Puyung, sumber ig @tanda_suka
Nasi Balap Puyung, sumber ig @tanda_suka

Untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Masak beras untuk menjadi nasi.
  2. Rebus ayam hingga empuk dan disuwir menjadi suwiran.
  3. Masak suwiran ayam dengan bumbu, tambahkan serai, jeruk limau dan lengkuas.
  4. Masak oseng kacang panjang dengan tumisan bawang merah, bawang putih, jahe dan garam.
  5. Kentang diparut dan digoreng hingga kering
  6. Goreng Kacang Kedelai hingga renyah
  7. Seluruh komponen disajikan dalam satu porsi dengan takaran yang sesuai

Cita Rasa

Makanan khas Lombok dikenal pedas dan menyegarkan. Tidak terkecuali dengan menu kuliner ini. Selain ini, oseng kacang panjang menyeimbangkan ayam suwir pedas sehingga rasa pedasnya menjadi pas. Ditambah dengan pelengkap berupa kacang kedelai goreng dan kentang kriuk, memberikan tambahan tekstur yang begitu memanjakan lidah.

Itu dia informasi tentang menu khas Lombok Nasi Balang Puyung. Semoga bisa memberikan gambaran kenikmatan dan menampilkan informasi yang menggugah selera untuk Anda. Simak berbagai ulasan menu kuliner khas Lombok lainnya di dapursasak.com. Selamat menikmati sajian Anda.