Pulau Lombok terkenal dengan destinasi wisata kuliner berupa masakan khas yang dijajakan di tempat kuliner khas Lombok. Selain itu wisata ada juga makanan unik yang biasanya dijadikan oleh-oleh khas Lombok. Hal tersebut yang menjadikan gerai makanan menjadi tujuan utama wisatawan pemburu oleh-oleh khas Lombok.

Baik itu wisatawan dalam negeri maupun luar negeri Lombok merupakan tujuan wisata favorit Indonesia. Bagi yang belum pernah ke Lombok, bisa segera diagendakan untuk berlibur ke sana.

Yang namanya liburan tentu kurang afdol kalau belum membeli oleh-oleh khas Lombok jika Anda berlibur ke Lombok. Di Lombok banyak sekali oleh-oleh khas Lombok yang disediakan untuk para wisatawan mulai dari yang murah sampai yang mahal.

Oleh-oleh khas sebagai buah tangan saat berwisata ke suatu tempat menjadi sebuah hal yang selalu diburu. Mulai dari makanan khas, hingga barang-barang unik menjadi hal-hal yang menarik untuk terus diulik. Begitu juga ketika kita berwisata ke Pulau Lombok. Anda akan menemukan berbagai pilihan oleh-oleh khas Lombok yang paling banyak dicari wisatawan.

Oleh-oleh khas Lombok
Susu juda liar merupakan oleh-oleh khas Lombok. Sumber Unsplash

Oleh-oleh Khas Lombok Paling Diminati

Apa saja oleh-oleh khas Lombok tersebut? Berikut ulasan mengenai oleh-oleh khas Lombok yang paling diminati. Simak ulasan lengkapnya.

1. Tuak Manis

Tuak manis merupakan minuman khas Lombok. Minuman ini sangat disukai oleh semua orang. Selain rasanya yang segar dan manis, minuman ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Anda perlu mencoba minuman yang satu ini. Minuman ini bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Lombok. Akan tetapi minuman ini tidak bisa dibiarkan semalaman karena tuak mengandung zat yang dapat mengeluarkan alkohol dan dapat memabukkan.

2. Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman yang akrab dengan masyarakat Indonesia. Indonesia juga dikenal sebagai negara penghasil kopi dengan kualitas baik. Selain laris di pasar dalam negeri, beberapa jenis kopi juga berhasil diekspor ke luar negeri. Terlebih lagi keragaman rasa kopi Indonesia yang luas, karena setiap daerah di Indonesia memiliki kopi yang khas.

Salah satu kopi yang memiliki karakter kuat adalah Kopi Lombok. Banyak orang yang menyebut Kopi Lombok sebagai kopi hitam dengan rasa yang ringan. Oleh karena itu, banyak para wisatawan yang penasaran dan menjadikannya sebagai oleh-oleh saat berwisata ke Lombok.

3. Dodol Rumput Laut

Rumput laut mengandung serat rumput laut yang sangat baik untuk pencernaan tubuh Anda. Dodol rumput laut ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan selama dalam perjalanan atau bahkan dijadikan oleh-oleh khas Lombok.

Dodol rumput laut selalu menjadi tujuan para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Selain rasanya yang enak, kemasan dodol ini juga lebih praktis serta harganya sangat terjangkau bagi Anda.

4. Madu

Madu adalah salah satu produk yang telah dimanfaatkan manusia sejak jaman dahulu. Karena madu dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Diantaranya adalah sebagai campuran makanan dan minuman, sebagai obat, bahkan sebagai bahan kosmetik untuk merawat kecantikan kulit.

Di Indonesia terdapat banyak daerah yang memiliki produk madu lokal. Satu diantaranya adalah Sumbawa. Madu Sumbawa terkenal dengan teksturnya yang lebih kental dan khasiatnya beragam.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang mengincar madu ini sebagai oleh-oleh. Selain dipasarkan di Sumbawa, ternyata madu Sumbawa juga telah banyak dijajakan di Pulau Lombok dan menjadi oleh-oleh khas bagi wisatawan.

5. Susu Kuda Liar

Susu kuda liar adalah susu yang dihasilkan dari kuda liar asli sumbawa yang bebas dari pengaruh bahan-bahan kimia. Selain itu susu kuda liar bebas dari mikroba dan bukan berasal dari hasil rekayasa genetika.

Susu kuda liar sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Diantaranya adalah sangat ampuh untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Keistimewaan susu kuda liar adalah tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan meskipun tidak dipasteurisasi. Kemudian susu ini tahan terhadap suhu ruangan sampai 1 tahun lamanya tanpa diberi bahan pengawet apapun.

6. Permen Susu

Selain susu kuda liar, ada juga yang namanya permen susu kuda liar. Kemasannya sangat praktis dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lombok. Permen ini sangatlah unik dan diolah secara tradisional.

Selain susu kuda liar, ada pula permen yang terbuat dari susu kerbau liar. Tentu ini unik sekali dan membuat penasaran banyak orang. Bagi yang berminat, silahkan langsung berkunnjung ke Pulau Lombok.

7. Abon Ikan Marlin

Kalau abon ayam atau sapi, tentu Anda sudah sering mencoba. Tapi kalo abon ikan marlin mungkin hanya bisa ditemukan di Lombok. Abon ikan marlin punya banyak kelebihan, selain rasanya yang gurih. Diantaranya rendah kolesterol dibanding abon sapi, serta dilengkapi kandungan Omega 3 dan DHA.

8. Terasi Bakar (oleh-oleh khas Lombok yang di sukai para ibu)

Ibu-ibu yang doyan masak pasti tertarik beli terasi bakar khas Lombok sebagai oleh-oleh. Warga di daerah pesisir biasanya memproduksi terasi udang ini untuk dimasak atau dijual. Ada yang bilang, dibalik dahsyatnya ayam taliwang ada terasi bakar.

Oleh-oleh Khas Lombok
Kopi yang diracik secara tradisional merupakan oleh-oleh khas Lombok yang juga banyak dicari. Sumber Unsplash

9. Kacang Mede

Kacang mede atau kacang mete jadi camilan nikmat yang bisa Anda bawa pulang usai liburan ke kota Seribu Masjid. Lombok menjadi salah satu penghasil kacang mede terbesar di Indonesia. Gak sekedar kacang mede panggang atau goreng, ada juga kacang yang sudah dibumbui aneka rasa, seperti keju hingga ayam panggang.

Demikian ulasan mengenai beberapa oleh-oleh khas Lombok yang paling diminati banyak orang. Jangan lupa untuk membawa salah satu diantaranya sebagai buah tangan saat Anda berwisata ke Pulau Lombok. Karena oleh-oleh khas tersebut hanya dapat Anda temui di sana.

Selain itu ada beberapa masakan olahan tradisional Suku Sasak yang bisa anda pesan pada salah satu rumah makan di Lombok yang khusus menyajikan masakan khas Lombok yaitu rumah makan Dapur Sasak.