Plecing Kangkung adalah kuliner Lombok yang sering menjadi pendamping kuliner Lombok lainnya yaitu ayam taliwang. Plecing Kangkung ini menjadi sayuran khas Lombok yang terkenal bukan hanya di rumah makan khas Lombok bahkan hingga terdapat di daerah-daerah lain di luar Lombok.

Sajian berbahan dasar sayur kangkung di Indonesia ini hampir terdapat di seluruh daerah. Karena sayuran ini memang nikmat dan memiliki banyak manfaatnya secara kesehatan. Namun setiap daerah memiliki ciri dan jenis masakan yang hampir-hampir berbeda meskipun berbahan dasar yang sama.

Masakan khas Lombok terkenal dengan cita rasanya yang khas, yaitu pedas dan berlemak. Cita rasa ini juga bisa ditemukan di menu sayuran khas Lombok yang satu ini. Meskipun saat ini resepnya bisa dicontoh dan menu masakan ini bisa didapatkan di luar Lombok, namun tentu saja tetap ada sensasi berbeda apabila bisa menikmatinya dari tempat asal.

Bagaimana rasa asli Plecing Kangkung khas Lombok ? Berikut ini akan diulas berbagai informasi tentang menu masakan Plecing Kangkung khas Lombok, resep, cara memasak dan manfaat sayur kangkung untuk kesehatan kita.

Plecing Kangkung

Plecing Kangkung adalan menu sayuran yang berasal dari Lombok dengan bahan utama kangkung yang disajikan dengan tauge, sambal dan pelengkap berupa kacang tanah goreng. Sebagaimana paket menu makanan khas Indonesia yang terdiri dari nasi, lauk dan sayur, Plecing Kangkung sangat cocok untuk menjadi bagian dari paket menu makanan khas Lombok, Ayam Taliwang.

Rasanya khas sebagaimana rasa menu kuliner Lombok yang identik dengan rasa pedas dan berlemak. Namun bahan kangkung dan sambal pada menu ini memberikan sensasi kesegaran tersendiri. Karena kangkung dan tomat yang terdapat pada sambalnya memiliki kadar air yang tinggi.

Selain itu, meskipun sayuran kangkung terdapat hampir di seluruh daerah di Indonesia, namun ada sedikit perbedaan pada bahan utama menu khas Lombok ini dibandingkan dengan yang terdapat di daerah lainnya.

Kangkung merupakan sayuran yang mudah tumbuh di daerah-daerah rawa. Indonesia memiliki cukup banyak daerah yang merupakan rawa-rawa. Namun, pada sayuran kangkung yang dipakai untuk menu Plecing Kangkung khas Lombok ditanam khusus dengan debit arus rawa yang berbeda, sehingga hasilnya memiliki batang yang cukup besar dibandingkan dengan yang terdapat di daerah lainnya.

Paket Menu Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung, sumber Phinemo
Paket Menu Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung, sumber Phinemo

Kemudian tentu saja sambal plecing. Sambal khas Lombok ini memiliki komposisi yang berbeda dengan sambal-sambal khas Indonesia lainnya sehingga memiliki rasa yang berbeda dan cocok untuk sajian ini. Sajian ini juga bisa ditambah dengan kacang panjang, urap dan pelengkap berupa jeruk limau dan bawang goreng.

Resep Plecing Kangkung

Untuk Anda yang penasaran tentang bagaimana resep asli dari sajian yang satu ini, berikut adalah daftarnya :

  • Kangkung
  • Tauge
  • Kacang Panjang
  • Kacang Tanah

Sedangkan untuk resep sambalnya :

  • Cabai Rawit
  • Terasi
  • Tomat
  • Garam
  • Gula
  • Jeruk Limau

Cara Memasak

Menu sayuran ini tidak disajikan dalam keadaan panas. Semuanya disajikan dengan suhu ruangan yang tidak dingin namun juga tidak panas. Hal ini bertujuan agar sayuran tetap bertekstur renyah saat disantap. Berikut cara memasaknya :

1. Rebus bahan utama berupa Kangkung yang sudah dipatah-patah, tidak dipotong-potong menggunakan pisau. Bahan lainnya yang juga direbus adalah tauge dan kacang panjang.

2. Saat telah terlihat agak layu, tiriskan kangkung beserta bahan utama lainnya. Biasanya tidak direbus terlalu lama hingga rusak, namun hanya sekedar sampai layu dan masih renyah.

3. Sedangkan kacang tanah, cukup digoreng dan kemudian ditiriskan. Kacang tanah akan menambah tekstur dan rasa gurih pada sajian menu sayuran ini.

4. Membuat sambal plecing dengan menghaluskan bahan-bahan berupa cabai rawit, terasi, tomat, dan ditambahkan penyedap rasa yaitu garam dan gula.

5. Kemudian bahan yang sudah halus ditumis dengan sedikit minyak. Setelah ditumis sebentar, peraskan jeruk limau.

6. Sajikan rebusan bahan utama berupa kangkung, tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng dengan sambal yang dituangkan menyelimuti seluruh bahan tadi.

Plecing Kangkung, sumber ig resep_dapurmama_
Plecing Kangkung, sumber ig @resep_dapurmama_

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui menu sajian sayur pendamping Ayam Taliwang ini dan penasaran dengan rasanya, tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat sayuran kangkung untuk kesehatan kita. Karena sajian ini bukan hanya nikmat di lidah, namun juga memiliki dampak positif bagi kesehatan. Berikut beberapa diantara dampak positifnya :

  1. Memakan sayuran ini rutin, dapat mengurangi resiko penyakit diabetes.
  2. Mengandung Zat Besi yang dapat membantu mengurangi anemia
  3. Membantu meringankan sembelit
  4. Mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata
  5. Membantu mencegah dehidrasi, dan
  6. berbagai manfaat lainnya.

Itu dia ulasan terkait Plecing Kangkung, menu makanan Khas Lombok yang cocok dinikmati bersama Ayam Taliwang. Semoga bisa menjadi informasi yang menarik dan tentunya memberikan manfaat untuk Anda. Simak ulasan menu kuliner Lombok lainnya tentang Nasi Balap Puyung di halaman dapursasak.com.