Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Ada yang berbahan dasar ayam, ikan, juga daging sapi. Sate di Indonesia beragam macamnya, mulai sate ayam hingga sate khas Padang. Makanan yang identik dengan tusukan dan dibakar ini dapat ditemui di seluruh pelosok nusantara. Begitu pula ketika berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sate Bulayak menjadi salah satu sate lezat khas Lombok yang menjadi kuliner andalan masyarakat Lombok. 

Sate Bulayak
Sate Bulayak khas Lombok. Sumber IG @kadektrisnadewi

Sate Bulayak Khas Lombok

Berbahan dasar daging ayam, jeroan, dan daging sapi, sate bulayak merupakan kuliner tradisional Lombok dengan citarasa pedas. Tak begitu berbeda dengan sate kebanyakan, kekhasan sate ini terdapat pada bulayak, lontong yang dililit dengan daun aren atau enau.

Bulayak berukuran lebih kecil dibanding lontong biasa. Cara melilitnya pun unik. Daun dililit secara spiral. Ini dimaksudkan agar saat dibuka, bulayak akan terbuka secara memutar dan memudahkan penikmat untuk menyantapnya. Bulayak memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih, sangat nikmat ketika bertemu dengan lidah.

Bumbu Sate Bulayak

Bumbu kacang yang disajikan pada sate ini pun berbeda dengan bumbu kacang pada sate yang biasa dijumpai. Bumbu kacang di sini terbuat dari kacang tanah yang telah disangrai, ditumbuk, lalu direbus bersama santan juga bumbu-bumbu lain seperti ketumbar, jintan, bawang dan cabai menghasilkan rasa yang pedas untuk disantap.

Untuk menikmati sate ini, cukup dengan membuka daun aren yang melilit bulayak. Bulayak lalu dicelupkan ke bumbu kacang yang telah disediakan. Pertemuan gurihnya bulayak dan bumbu kacang yang pedas menghasilkan kombinasi rasa yang sempurna.

Sate bulayak mudah ditemukan di Lombok. Berikut warung sate bulayak khas Lombok yang bisa Anda kunjungi.

Warung Penyedia Sate Bulayak Khas Lombok

1. Sate Bulayak Suranadi

Sate Bulayak Suranadi merupakan salah satu kedai dengan sate bulayak terenak yang ada di Lombok. Di warung Suranadi ini tersedia dua jenis sate yaitu ayam dan campur (jeroan dan daging). Selain bisa menyantap makanan enak, Anda juga bisa berbelanja di Sentra Oleh-oleh Redo atau berendam di Pemandian Suranadi yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari warung Suranadi ini.

Seporsi sate bulayak berisi 12 tusuk sate sapi dengan bumbu kacang khas Sasak. Bumbunya berwarna cokelat kemerahan dengan jejak minyak di permukaannya. Bumbu kacangnya halus kental mirip bumbu sate dengan rasa ketumbar, jintan dan cabe yang kuat. Kecuali daging, sate bulayak Suranadi juga berisi potongan usus dan hati sapi. Empuk gurih dan enak berpadu dengan pedas bumbu kacang.

Alamat : Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

2. Sate Bulayak Senggigi

Kelezatan sate bulayak Anda bisa dapatkan juga ketika Anda berkunjung ke Pasar Seni Senggigi. Di sekitar tempat belanja tersebut terdapat warung makan bernama Kerandangan yang menyajikan ikan bakar, sate bulayak, dan plecing kangkung. Pasti nikmat makan sate di pinggir pantai Senggigi.

Seporsi sate bulayak Senggigi ini terdiri dari 11 tusuk sate dan 4 bulayak. Daging sate nya bisa Anda pilih, mau yang daging saja, jeroan saja atau campur.

Alamat : Jalan Raya Senggigi No. 16, Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

3. Sate Bulayak Udayana

Sate Bulayak yang menjadi santapan lezat khas suku sasak ini bisa Anda nikmati di Angkringan Taman Udayana daerah Selaraparang, Mataram. Dijamin, rasa enak dan harganya tidak jauh beda dengan yang lain.

Dalam sajiannya, satu porsi sate bulayak Udayana berisi 10 tusuk. Ketika disantap rasa satenya begitu harum dan dagingnya juga empuk. Bumbunya cukup pedas, gurih dan benar-benar nikmat dicicip. Bulayaknya juga enak karena terasa benar kepadatannya.

Alamat : Jalan Udayana, Karang Baru, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

4. Sate Bulayak Bundaran Gerung

Sudah pernah berkunjung ke Bundaran Gerung? Selain menikmati keindahan tugu, tidak sedikit dari wisatawan yang sengaja untuk ke sana demi berburu kuliner. Bagi Anda yang berniat untuk membeli Sate Bulayak, di sana juga ada kedainya. Citarasa pedas dari bumbu sate di kedai tersebut enak banget dan kacangnya terasa. Apalagi Anda yang suka dengan makanan pedas.

Alamat : Beleke, Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Sate bulayak lombok
Bulayak merupakan lontong khas Lombok. Sumber IG @bebiheujajan

Demikian ulasan mengenai sate bulayak, citarasa lezat sate khas lombok yang patut Anda coba. Bagi Anda yang berkunjung ke Lombok, jangan lewatkan kuliner yang satu ini dan juga makanan khas Lombok lainnya yang tersedia pada daftar menu rumah makan di Lombok. Semoga informasi ini bermanfaat.