Lombok mempunyai beragam kuliner yang bisa membuat lidah anda bergoyang karena rasa lezatnya. Salah satu kulinernya adalah sate. Kuliner sate khas lombok ada beberapa macam, dan akan kita ulas satu per satu tentang rasa khasnya masing-masing.

Pulau Lombok sudah sering terkenal dengan objek wisatanya yang masih alami. Banyak yang tertarik untuk berkunjung kesana, anda pun harus mencoba untuk berkunjung kesana. Namun selain mecoba menikmati keindahan objek wisatanya anda juga harus mencoba kuliner khas lombok.

Macam-macam Sate Khas Lombok yang patut anda coba

Sate merupakan makanan Indonesia yang rasa lezatnya sudah terkenal sampai ke luar negeri. Namun daerah-daerah di Indonesia mempunyai macam-macam jenis sate khas daerahnya masing-masing yang tentu saja rasanya berbeda-beda, beberapa diantaranya memiliki citarasa pedas.

Kali ini kita akan ulas sate khas dari daerah yang terkenal dengan pulau seribu masjid yaitu Pulau Lombok.

Sate Bulayak

Sate Bulayak

Sate Bulayak. src: indonesiakaya.com

Menggunakan bahan daging ayam, jeroan, dan daging sapi, sate bulayak tak terlalu berbeda dengan sate lainnya. Yang khas dari sate ini adalah bulayak, yaitu lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Bulayak bertekstur lembut dan memiliki rasa yang gurih.

Bumbu kacang pada sate ini pun berbeda dengan bumbu kacang pada sate yang lainnya. Bumbu kacang di sini terbuat dari kacang tanah yang telah disangrai, ditumbuk, lalu direbus bersama santan juga bumbu-bumbu lain seperti ketumbar, jintan, bawang dan cabai menghasilkan rasa yang pedas untuk disantap.

Untuk menikmati sate ini dengan mencelupkan bulayak ke bumbu kacang yang telah disediakan. Pertemuan gurihnya bulayak dan bumbu kacang yang pedas menghasilkan kombinasi rasa yang sempurna.

Sate Tanjung

Sate Tanjung

Sate Tanjung. src: rochmany.blogspot.com

Sate Tanjung banyak dijual di Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Sate ini berbahan dasar ikan laut yang dipotong kemudian di rendam dengan bumbu agar meresap. Setelah itu daging ikan kemudian ditusuk dan dibalut dengan bumbu. Setelah itu sate siap dibakar di bara api.

Berbeda dengan sate kebanyakan, sate ini dihidangkan tanpa menggunakan saus kacang atau saus lainnya. Tekstur dari sate ini lembut saat dikunyah, kemudian rasanya pedas dan gurih dan beraroma bumbu yang khas. Sate ini nikmat bila dimakan ketika lagi hangat, dan cocok sekali dijadikan lauk.

Sate Rembiga

Sate Rembiga

Sate Rembiga. src: backpackerjakarta.com

Sate Rembiga merupakan sate asli Mataram Lombok. Sate ini berbahan dari daging sapi yang kemudian dilumuri oleh bumbu rahasia khas lombok. Daging sapi dipotong kecil-kecil. Lalu bumbunya dibuat dari campuran kecap manis, bawah putih, gula merah, terasi, garam, dan cabai yang kemudian semuanya dihaluskan hingga tercampur sempurna, untuk selanjutnya dibalurkan pada permukaan daging sapi.

Kemudian setelah di balur bumbu, sate didiamkan, setelah itu baru dibakar. Sate ini sangat disukai karena memiliki tekstur daging yang lembut saat dimakan. Dan rasa pedas manis pun bercampur serasi dalam sate ini pada gigitan pertamanya.

Sate Pusut

Sate Pusut

Sate Pusut. src: ig @phoetoet

Sate ini terbuat dari daging sapi yang dicincang halus kemudian diberi bumbu agak pedas khas masyarakat Lombok, kemudian ditambahkan parutan kelapa muda. Setelah itu langsung dililitkan pada tusuk bambu yang besar dan panjang. Selanjutnya sate akan dibakar di atas bara api yang menyala sampai matang.

Biasanya saat dihidangkan, sate pusut ini bersanding dengan makanan khas Lombok lain seperti plecing kangkung, ayam taliwang, nasi balap puyung dan masih banyak lagi.

Sate Pencok

Sate Pencok

Sate Pencok. src: ceritareena.blogspot.com

Pada awalnya sate pencok terbuat dari olahan kulit sapi yang sudah di masak. Namus setelah dilakukan banyak modifikasi akhirnya sate pencok disajikan dengan menggunakan bahan dasar nasi sagu yang ternyata harganya menjadi lebih murah dari sebelumnya.

Sate pencok disajikan berupa potongan-potongan nasi yang sebelumnya sudah dimasak dan ditemani dengan bumbu pelalah. Sate ini memiliki tekstur yang kenyal yang berasal dari sagunya kemudian rasa pedas yang serasi dari bumbu pelalahnya. Sate ini cocok untuk menemani suasana santai saat mengobrol

Itu lah macam-macam sate khas lombok yang patut anda coba. Beberapa bahan sate mengkin terdengan tidak bisa ditelinga kita, namun yang tidak biasa itu terkadang menjadikan kita penasaran dengan nya.

Untuk mencoba semua sate itu anda tidak usah khawatir. Memang ada beberapa sate yang khas di salah satu daerah lombok, namun sekarang semua sate itu sudah terkenal di seluruh lombok, sehingga anda sudah bisa menjumpainya kuliner tersebut di seluruh daerah lombok. Anda tinggal mencari rumah makan di lombok yang menyediakan menu tersebut dan langsung bisa memesannya.

Mungkin itu dulu yang bisa kami ulas dalam artikel kali ini. Jangan lupa mampir di artikel DapurSasak kami yang lainnya, akan ada informasi bermanfaat untuk anda lainnya.