Salah satu yang menjadi agenda saat berwisata kuliner di Lombok adalah membawa oleh-oleh. Oleh-oleh ini bukan hanya terdapat di Lombok, tetapi juga bisa dicari di area sekitar Lombok seperti Sumbawa.

Bicara nama Pulau Sumbawa memang tidak lepas dari susu kuda liarnya. Banyak traveler yang penasaran dengan susu kuda liar khas Sumbawa. Bahkan tidak jarang dari traveler yang membawa pulang susu kuda liar khas Sumbawa saat berwisata ke Lombok untuk buah tangan bagi dirinya sendiri, keluarga, kerabat, teman kerja, teman nongkrong, dan lain – lain.

Bagi traveler yang penasaran dengan susu kuda liar mengenai tempat produksi, manfaat, harga, dan lain – lain, berikut kami berikan informasinya.

Nama Susu Kuda Liar

Cukup banyak traveler yang bertanya – tanya “Apakah benar susu kuda liar diambil dari kuda yang liar? atau Hanya sekedar namanya saja biar menarik simpati konsumen untuk membelinya ?”.

Nama sajian khas ini diambil dari kuda yang liar, itu memang benar. Tetapi kuda – kuda tersebut sengaja diliarkan oleh pemiliknya setelah susunya selesai diperah. Kuda diliarkan agar lebih bebas mencari makan sendiri dan beraktivitas di alam bebas. Sehingga nutrisi yang mereka makan juga unik.

Lokasi Produksi

Memerah Susu Kuda Liar, sumber harmonionline.net
Memerah Susu Kuda Liar, sumber harmonionline.net

Sajian khas ini sering menjadi pilihan oleh-oleh yang dijual di beberapa pusat oleh – oleh atau kuliner Lombok. Para pedagang mengambil stok produk minuman ini di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa. Desa ini merupakan desa yang sudah lama dikenal sebagai penghasil produk minuman khas asli berkualitas tinggi. Bagi traveler yang ingin melihat secara langsung proses produksinya dapat mengunjungi Desa Saneo.

Manfaat Susu Kuda Liar

Manfaat produk minuman khas ini sebagai pemasok nutrisi yang lengkap, menambah daya tahan bayi terutama yang dilahirkan secara prematur dan menurut beberapa penelitian klinis dianggap jauh lebih bisa menghalau penyakit jika dibandingkan dengan kuda yang diternakkan. Hal ini disebabkan kualitas kuda yang dilepas di alam liar jauh lebih baik daripada kuda yang hidup di kandang.

Berdasarkan penelitian dan testimoni, berikut ini manfaat oleh-oleh khas Sumbawa yang telah terbukti :

1. Menyembuhkan Radang Usus

Hal ini didasarkan pada penelitian bahwa minuman berkhasiat ini mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus manusia sehingga perlawanan terhadap bakteri buruk bisa dua kali lebih baik, dengan demikian zat yang kurang baik di dalam usus bisa direduksi.

2. Menyembuhkan Eksim

Manfaat minuman khas berkhasiat ini banyak diyakini oleh Masyarakat sekitar Desa Saneo untuk menyembuhkan eksim. Caranya cukup mudah, kentalkan susu dan campurkan dengan lidah buaya setelah itu balurkan pada kulit yang terkena eksim.

Kandungan Susu Kuda Liar

Seperti jenis susu lainnya, susu yang diambil dari kuda liar ini juga menghasilkan cairan lezat lengkap dengan komponen senyawanya antara lain lemak, kalsium beragam vitamin A, B, C, dan E, kalium, magnesium, protein, zat besi, dan masih banyak lagi. Istimewanya, susu kuda memiliki rantai protein yang lebih sederhana sehingga jauh lebih mudah dicerna.

Susu Kuda Liar Sumbawa, sumber pegipegi.com
Susu Kuda Liar Sumbawa, sumber pegipegi.com

Dalam 100 gram susu khas Sumbawa ini terdapat 0,8 persen protein, sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Susu kuda liar juga punya rasa yang gurih karena kandungan gulanya lebih tinggi mencapai 6,8 persen dibanding susu sapi 4,6 persen. Dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori, yang lebih sedikit daripada susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda tidak cepat gemuk.

Harga Susu

Harga eceran produk susu khas Sumbawa ini dengan ukuran 500 ml pada tahun 2019 sebesar Rp. 125.000/botol. Harga tersebut merupakan harga rata – rata di Pulau Lombok tetapi kalau di Pulau Sumbawa, apalagi dari pusat produksinya langsung bahkan harga bisa mencapai Rp. 75.000 perbotol dengan ukuran yang sama yakni 500 ml.

Biasanya kalau harga grosir terdapat potongan harga yang diberikan seperti 3 botol pembalian yang seharusnya harga Rp. 125.000 perbotol x 3 botol sama dengan Rp. 375.000, tetapi oleh Penjual diberi potongan harga Rp. 375.000 – 120.000 sama dengan Rp. 255.000. Potongan harga bisa juga traveler dapatkan melalui pembelian online dibeberapa laman website penjualan online minuman susu khas ini.

Penyajian Susu Kuda Liar

Cara penyajian produk khas berkhasiat ini perlu traveler perhatikan agar lebih mudah saat menyajikannya baik untuk diri sendiri maupun orang lain, caranya sebagai berikut :

  1. Siapkan Air Panas dalam mangkuk atau wadah yang lain.
  2. Masukan susu berkhasiat ini sesuai dosis ke dalam gelas.
  3. Rendam gelas yang berisi susu ke dalam mangkuk yang telah berisi air yang panas.
  4. Setelah susu hangat, susu bisa langsung diminum (baik juga jika dicampur dengan madu).

Dosis Susu Kuda Liar

Selain cara penyajian traveler juga harus mengetahui dosis produk minuman khas berkhasiat ini agar dosisnya sesuai saat disajikan :

  1. Dewasa dengan takaran 100 cc (20 kali sendok teh atau 15 kali sendok makan) tetapi untuk terapi 2 x sehari dengan takaran 1/2 gelas.
  2. Anak – anak dengan takaran 50 cc (10 kali sendok teh atau 8 kali sendok makan) tetapi bila Sakit 2 x sehari dengan takaran 1/4 gelas.
  3. Demi menjaga Kesehatan/stamina alangkah baiknya 1 x sehari dari dosis.

Itu dia berbagai informasi yang bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Sumbawa yang satu ini. Semoga dapat menjadi referensi kuliner khas dari Nusa Tenggara Barat untuk Anda. Simak berbagai informasi kuliner Lombok di halaman rumah makan di Lombok.