Tempat kuliner khas Lombok bisa menjadi alternatif wisata tersendiri. Karena Lombok bukan hanya terkenal dengan berbagai lokasi wisata pantainya, namun juga kuliner khas Lombok yang berbeda dengan kuliner khas daerah lainnya.

Kuliner Lombok ini bisa ditemui di seluruh tempat makan yang ada di Lombok. Namun apabila Anda masih kesulitan untuk menentukan, tempat kuliner khas Lombok yang patut Anda coba, simak beberapa list tempat kuliner Khas Lombok berikut ini.

Tempat Kuliner Khas Lombok

Terdapat berbagai tempat wisata kuliner khas Lombok. Mulai dari yang mewah hingga yang tradisional. Namun, beberapa tempat berikut ini bisa menjadi tempat kuliner khas Lombok yang recomended untuk Anda.

1. Rumah Makan Tanjung Karang

Tempat wisata kuliner pertama yang recommended di Pulau Lombok adalah Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang. Rumah makan yang terletak di Jalan Arya Banjargetas no. 88X, Ampenan, Sekarbela, Tanjung Karang, Mataram, Nusa Tenggara Barat ini buka setiap hari mulai Senin sampai Minggu mulai dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

Di rumah makan ini Anda dapat memesan berbagai menu khas Lombok seperti ayam bakar Taliwang, plecing kangkung, beberuk dan menu lainnya. Rasanya juga mantab, karena dimasak langsung oleh orang Lombok sendiri. Pastikan untuk mampir dan memanjakan lidah di tempat ini saat Anda berwisata ke Pulau Lombok.

2. Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Nasi Balap Puyung cap Inaq Esun adalah salah satu tempat wisata kuliner khas Lombok yang hasrus masuk dalam daftar kunjungan Anda. Rumah makan yang terletak di Jalan Raya Puyung, Desa Puyung, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Barat ini menyajikan masakan khas Lombok yakni Nasi Balap Puyung.

Secara penampilan, kuliner yang satu ini memiliki penampilan yang biasa-biasa saja. Hanya perpaduan antara nasi, belut goring, udang kering (ebi), kacang kedelai, dan ayam yang disuir. Namun soal rasa, jangan tanya lagi karena inilah yang membuat para pelanggan kuliner Nasi Balap Puyung Inaq Esun tak pernah sepi dan kembali lagi.

Roemah Langko Tempat Kuliner Khas Lombok, sumber ig baguskusuma
Roemah Langko Tempat Kuliner Khas Lombok, sumber ig @baguskusuma

3. Roemah Langko

Mengusung konsep bangunan rumah tempo dulu, restoran yang satu ini memberikan kesan tersendiri bagi para pelanggannya. Terletak di Jalan Langko, Mataram, Lombok, Restoran ini dahulu adalah sebuah rumah tinggal yang disulap sedemikian rupa hingga menjadi restoran vintage yang mewah.

Selain disuguhi dengan berbagai ornamen vintage yang khas, di sini kita juga bisa memesan berbagai masakan khas Lombok yang nikmat. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 10.30 malam.

4. Taliwang Khas Pak Udin

Tempat kuliner khas Lombok selanjutnya adalah Ayam Taliwang Khas Pak Udin. Lokasinya berada di JL. Gelatik No. 2B, Cakranegara, Cakranegara Bar., Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Ayam Taliwang bisa dikatakan sebagai kuliner Lombok yang paling terkenal di Indonesia. Kuliner yang satu ini memang khas dan identik dengan Pulau Lombok. Sampai-sampai ia menjadi menu wajib di berbagai rumah makan khas Lombok, bahkan yang berada di luar Pulau Lombok sendiri.

Ayam Taliwang Khas Pak Udin ini berbeda dari ayam taliwang lainnya. Pemilihan bahan baku berkualitas tinggi dipadu dengan bumbu rahasia yang mantap membuat rasanya nagih banget. Harganya yang bersahabat di kantong, dengan pelayanan memuaskan dan ramah bikin siapa saja kangen dengan rumah makan ini.

Kuliner Khas Lombok, sumber ig reyhandsamsung
Kuliner Khas Lombok, sumber ig @reyhandsamsung

5. Warung Suranadi

Warung Suranadi adalah tempat kuliner khas Lombok yang populer lainnya. Kuliner yang disajikan di sini berbeda dengan tempat-tempat lainnya yang biasanya menyajikan menu tradisional seperti ayam taliwang, pelicing kangkung dan lain-lain. Warung yang menyajikan ikan bakar madu ini berada di Jl. Hutan Wisata no. 7, Suranadi, Mataram.

Menu ikan bakar madu yang disajikan bukan hanya sekedar dibakar menggunakan madu sebagai bahan utamanya. Terdapat juga bumbu yang diwarisi secara turun temurun yang menjadi campuran bersama madu sehingga cita rasanya khas Lombok. Menu ini kabarnya masih jarang dijumpai sehingga banyak pemesanan yang berasal dari luar daerah.

6. Pasar Malam Gili

Pasar malam Gili berada di Jl. Utama Gili Trawangan Lombok. Meskipun merupakan sebuah pasar yang menjajakan berbagai macam hal, namun kuliner yang terdapat di pasar malam ini juga menjadi salah satu yang recommended karena khas Lombok. Di pasar ini pengunjung akan bisa menemukan berbagai santapan khas Lombok untuk dibeli.

Demikian berbagai lokasi tempat kuliner Khas Lombok yang patut untuk dicoba. Semoga bisa menjadi tambahan referensi berwisata Anda di Lombok. Untuk menu kuliner khas Lombok lainnya, kunjungi halaman dapur sasak.