Tips memilih rumah makan menjadi salah satu yang perlu bagi para wisatawan saat berkunjung ke tujuan wisata yang tidak dikenalnya. Karena rasanya ada yang kurang apabila berwisata namun tidak mencicipi kuliner lezat khas daerah setempat. Seperti saat berwisata di Lombok. Daerah ini terkenal dengan kuliner khas Lombok yang khas cita rasanya.

Berwisata rasanya belum terasa lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas daerah setempat, Ibarat kata seperti makan tanpa minum. Pasalnya, terdapat begitu banyak cita rasa khas makan daerah tersebut yang tidak ktia temui di makanan daerah asal kita. Cita Rasa, kenikmatan menu, dan suasana rumah makan yang disinggahi juga akan menjadi cerita menarik tersendiri selama berwisata.

Selama melakukan perjalanan wisata, tentu Anda membutuhkan asupan makanan untuk mengembalikan tenaga agar mampu melanjutkan perjalanan. Tak hanya sekedar untuk mengisi perut, menu makanan yang dipilih sebaiknya makanan yang mampu menambah selera makan agar perjalanan nantinya akan lebih terasa nikmat.

1. Mencari Informasi

Tips memilih rimah makan yang penting untuk anda persiapkan pertama kali ketika berwisata adalah mencari informasi-informasi terkait rumah makan sebelum melakukan perjalanan. Anda dapat memperoleh informasi tersebut dari acara televisi, majalah, browsing internet atau bertanya kepada teman yang berasal dari daerah destinasi wisata tersebut. Usahakan, pilih rumah makan di Lombok yang lokasinya sesuai rute perjalanan dan direkomendasikan banyak orang.

Penting untuk Anda mengumpulkan informasi terkait lokasi rumah makan, menu-menu yang tersedia, harga menu makanan, fasilitas, dan testimoni-testimoni dari pelanggan yang sebelumnya pernah mengunjungi tempat tersebut untuk menjadi bahan pertimbangan anda memutuskan untuk memilih rumah makan.

2. Pastikan Harga Menu Makanan

Tidak kalah penting bagi Anda untuk memastikan budget yang sudah anda siapkan sesuai dengan harga menu makanan yang tersedia. Jangan sampai budget yang anda punya justru tidak mencukupi untuk mengalokasikan dana makan Anda. Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bahwa harga makanan yang ada di tempat wisata akan melambung tinggi jika dibandingkan dengan harga makanan di tempat biasanya.

Roemah Langko Tempat Kuliner Khas Lombok, sumber ig baguskusuma
Tempat Kuliner Khas Lombok, sumber ig @baguskusuma

Hal ini memiliki banyak faktor tetapi salah satunya adalah sering dipicu karena konsumen di rumah makan tersebut akan berganti-ganti setiap hari. Sehingga harga mahal pun terkadang sering dijadikan hal yang lumrah. Bahkan di tempat wisata terkadang dapat dijumpai pedagang-pedagang yang nakal menembak pelanggan dengan harga yang tidak realistis.

Untuk menyiasatinya kita harus mencari rumah makan yang sudah menyertakan harga di daftar menu. Jika belum ada, jangan segan-segan untuk bertanya kepada pelayan rumah makan berapa harga yang akan kita pesan. Bertanya lebih baik daripada masuk jebakan ditembak dengan harga yang tinggi bukan?

3. Rumah Makan yang Bersih

Tips memilih rumah makan selanjutnya adalah melihat kebersihan. Kebersihan di lingkungan restoran sangat penting untuk Anda perhitungkan karena ketika melihat lingkungan rumah makan yang terlihat kotor dan tidak terawat tentu akan menimbulkan kesan yang tidak higienis. Kepercayaan dan kenyamanan pengunjung akan berkurang. Sebaiknya pilih rumah makan yang tampak bersih dan rapi dalam penataanya.

Karena rumah makan yang berkualitas akan mengutamakan kedua hal tersebut. Bahkan, ada beberapa rumah makan yang mewajibkan juru masaknya untuk menggunakan masker untuk menjaga kebersihan masakan. Rumah makan yang bersih akan membuat pengunjungnya merasa nyaman dan mau untuk kembali lagi.

4. Rumah Makan yang Ramai Pengunjung

Jika tidak sempat untuk mencari sejumlah informasi terkait rumah makan di tempat yang menjadi tujuan destinasi wisata, Anda dapat mengamati beberapa rumah makan yang dilalui. Memilih rumah makan yang ramai pengunjung adalah salah satu cara simpel yang dapat Anda gunakan.

Biasanya rumah makan yang ramai pengunjung, kualitas rasa makanannya tidak mengecewakan, tempat yang nyaman, pelayanan yang memuaskan dan harganya pun tentu terjangkau. Pengunjung juga dapat memperhatikan area parkirnya untuk memastikan tempat tersebut benar-benar ramai.

Rumah Makan di Lombok Rumah Makan. src: unsplash.com
Rumah Makan. src: unsplash.com

Namun dari kelebihan-kelebihan yang disebutkan diatas, memilih rumah makan yang ramai pengunjungnya memiliki kekurangan juga seperti waktu penyajian yang cenderung lebih lama dari biasanya dikarenakan banyaknya pesanan yang masuk. Selain itu jika kondisinya sangat ramai, tentu menyangkut dengan jumlah ketersedian tempat, jadi harus rela dan bersabar jika berbagi tempat dengan orang lain.

5. Tanya Penduduk Setempat

Hal simple lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan rekomendasi rumah makan adalah bertanya ke penduduk setempat. Tanyalah pada tukang ojek atau tukang parkir ataupun orang hotel tempat Anda menginap di mana tempat rumah makan yang menyajikan makan khas yang enak, harga terjangkau, dan nyaman untuk dikunjungi.

Jika mereka bingung dalam merekomendasikan rumah makan yang Anda maksudkan, tanya saja tempat rumah makan yang menjadi favorit mereka untuk makan siang atau rumah makan yang menjadi tujuan mereka ketika mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga.

6. Menyediakan Makanan Khas

Tentu Anda tidak ingin kehilangan kesempatan untuk menikmati makan khas ketika berwisata bukan? Maka dari itu perlu untuk memilih rumah makan yang menyediakan makanan khas agar mendapatkan pengalaman mencicipi sajian khas daerah yang dikunjungi, tentu berbeda dengan makanan sehari-hari.

Tips memilih rumah makan yang satu ini sangat direkomendasikan. Karena, wisata pada umumnya bertujuan untuk mempelajari dan menambah pengetahuan mengenai kekhasan daerah yang dikunjungi.

Itu dia beberapa tips untuk mencari tempat makan saat berwisata. Lombok memiliki aneka makanan khas yang terkenal dan berbeda dari makanan khas daerah lainnya. Sehingga Anda bisa menjadikan wisata kuliner Lombok sebagai salah satu agenda Anda di destinasi wisata ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan simak berbagai artikel menarik lainnya di dapursasak.com.