Lombok selain dikenal dengan destinasi wisatanya yang indah, tak ketinggalan kuliner khas Lombok pun siap menggoyang lidah Anda dengan kelezatannya. Salah satu kuliner khas Lombok yaitu Sate Rembiga. Seperti yang kebanyakan orang katakan, kuliner khas ini memang sangat enak. Dagingnya empuk, karena memakai daging bagian khas dalam. Direndam dengan bumbu meresap yang manis pedas. Jejak rempah dan cabai cukup terasa dalam serat daging. Membuat 10 tusuk ludes dalam waktu sekejap.

Selain dagingnya yang empuk, bumbu manisnya yang sedap juga jadi kunci. Terbuat dari campuran cabe merah, kemiri, terasi Lombok, dan gula. Daging yang direndam bumbu sehingga bumbu meresap ke serat daging, juga membuat tekstur daging lebih empuk.

Pelengkap sate berupa lontong, tak kalah menarik. Bungkusan daun pisang berbentuk kerucut membuatnya unik. Saat dibuka, ada lontong berpermukaan agak kemerahan atau kehijauan. Lontong itu juga enak. Ada aroma wangi daun pisang yang melekat pada lontong ini. Terasa begitu lembut saat dikunyah. Semakin sempurna ketika dimakan bersama sate.

Warung Sate Rembiga di Lombok

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati kuliner khas Lombok yang satu ini, berikut warung sate khas Lombok yang bisa Anda kunjungi untuk mencicipi lezatnya sate rembiga.

1. Warung Sate Rembiga Utama

Sate Rembiga Lombok, sumber ig deena_hp
Sate Rembiga Lombok, sumber ig @deena_hp

Warung sate yang terletak di Jalan Dr Wahidin ini merupakan rumah makan yang tidak memiliki cabang dan sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu. Tepat ketika Anda tiba di depan warung ini Anda akan langsung disambut aroma semerbak sate yang sedang dibakar. 

Masuk ke dalam, Anda akan menjumpai sederet tempat duduk lesehan. Untuk area makan dengan meja dan kursi, lokasinya berada lebih dalam lagi. Deretan meja dan kursi plastik memenuhi ruang makan di area tersebut.

Mengenai menunya, warung makan ini punya lauk pendamping makanan ini, seperti lontong, bulayak, plecing, urap, telur dadar, hingga mie goreng. Sate rembiga di sini disajikan dalam piring anyaman dengan alas daun pisang. Keunggulan warung yang satu ini yaitu penggunaan 100% daging sapi. Tiap harinya bisa 50-70 kg daging digunakan untuk sate. 

2. Warung Sate Rembiga Ibu Sinnaseh 

Warung milik Ibu Sinnaseh ini terletak di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Desa Rembiga, Mataram. Warung sate ini merupakan rumah makan sate rembiga yang sudah cukup lama ada. Sudah buka sejak tahun 1990-an. 

Warung yang dimiliki Ibu Sinnaseh ini, bahan dasar daging sapinya berasal dari sapi lokal Lombok yang hidup liar di padang rumput. Dagingnya konon lebih manis dan seratnya lebih halus. Daging sate tumbuk yang telah direndam selama kurang lebih 2 jam kemudian ditusuk dan dibakar. Jadilah sate dengan rasa yang amat kaya, manis pedas, dan empuk. Sate ini disajikan di atas piring anyaman yang dilapis kertas nasi.

Rumah makannya sederhana, semacam rumah tinggal yang disulap jadi tempat makan. Selain bisa makan di dalam, di bagian luar juga ada beruga-beruga (gazebo) untuk makan lesehan. 

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, sumber ig saterembigaibusinnaseh
Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, sumber ig @saterembigaibusinnaseh

3. Warung Sate Rembiga Lombokoe

Warung lombokoe ini merupakan warung sate lesehan yang bisa Anda jadikan alternatif jika Anda ingin mencicipi salah satu kuliner khas Lombok ini. Keistimewaannya di sini terletak pada proses perendaman daging sapi. 

Supaya rasanya lebih mantap, daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil direndam selama kurang lebih satu minggu. Tak heran warung yang diberi nama Lombokoe ini  tetap bertahan sejak tahun 1990-an. Warung sate ini terletak di Jalan Dakota, Rembiga.

4. Warung Sate Rembiga Goyang Lidah

Warung sate rembiga goyang lidah ini letaknya di Jalan Dakota, Rembiga. Anda bisa makan sate di sini dengan lesehan. Sajian sate dan lontong kerucut yang menjadi khasnya siap memanjakan lidah Anda di sini. 

Serunya, di warung yang bernama goyang lidah ini juga menyajikan  beragam kuliner khas Lombok lainnya. Misalnya saja ayam taliwang, ikan asin Bajo, dan menu ikan lainnya. Tempat makan ini berada di pinggir jalan, jadi cukup mudah ditemukan.

Demikian ulasan mengenai Sate Rembiga yang merupakan makanan khas Lombok dengan sensasi pedas manis yang patut Anda coba nikmati. Berwisata kuliner khas Lombok yang satu ini tentu akan menggoyang lidah Anda dengan kelezatannya. Semoga informasi ini bermanfaat.